021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Prosedur Pendaftaran Merek

Bingung prosedur pendaftaran merek ? Bersama konsultan HKI Patendo semua menjadi mudah, tidak perlu pusing dan bingung. Biaya pendaftaran merek juga terjangkau sangat cocok untuk pengusaha UMKM dan pengusaha pemula. Silahkan langsung WA 0813 8670 6312.

Prosedur Pendaftaran Merek Oke

Apakah sekarang ini Anda sedang ingin memulai suatu dagang yang Anda jalankan secara pribadi? Jika Anda tengah ingin memulai dagang tersebut, ada baiknya Anda menyiapkan rencana atau planning demi kelancaran dagang Anda tersebut.

Salah satu bagian dari planning dagang yang penting ialah melakukan pendaftaran merek. Jangan lupa untuk melakukan prosedur pendaftaran merek dengan baik.

Banyak yang bertanya-tanya apakan pendaftaran merek dagang itu penting? Jawabannya tentu saja benar. Pendaftaran merek dagang penting dilakukan guna mematenkan merek dagang Anda agar tidak diklaim oleh pemdagang lainnya.

Selain itu, dengan mendaftarkan merek dagang, maka dagang Anda akan memperoleh perlindungan hukum.

Pentingnya Prosedur Pendaftaran Merek

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Merek, UU No. 5 Tahun 2001 pasal 3 yang menjelaskan perihal hak merek yakni sebuah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek yang mana terdaftar dalam,

Daftar Umum Merek dalam jangka atau skala waktu tertentu dengan menggunakan merek tersebut atau memberi izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

Di samping itu, prosedur pendaftaran merek juga dinilai penting guna mendapatkan perlindungan merek dagang Anda dari risiko pembajakan. Adapun caranya adalah dengan menggunakan klaim sertifikat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan gugatan,

baik secara perdata maupun secara pidana terhadap pihak-pihak yang menyalahgunakan merek dagang Anda.

Prosedur Pendaftaran Merek Jakarta

Untuk melengkapi alasan betapa pentingnya melakukan prosedur pendaftaran merek dagang, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut.

1. Pendaftaran merek dagang penting untuk mendapatkan perlindungan dagang

Prosedur pendaftaran merek dagang penting dalam hal pemerolehan perlindungan terhadap dagang yang Anda jalankan. Ketika merek dagang Anda sudah terdaftar, maka Anda dapat melakukan gugatan secara pidana dan perdata terhadap pihak-pihak yang menggunakan merek dagang Anda tanpa izin serta menyalahgunakan merek dagang Anda demi kepentingan tertentu.

Adapun sertifikat merek dagang tersebut diterbitkan oleh Dirjen HKI. Barulah ketika sertifikat merek dagang tersebut terbit, Anda dapat memperoleh hak eksklusif yakni perlindungan terhadap merek dagang Anda.

2. Pendaftaran merek dagang penting digunakan sebagai penanda identitas produk

Seperti yang telah disebutkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 perihal merek dagang dan indikasi geografis menjelaskan bahwa merek dagang digunakan sebagai tanda yang dapat ditampilkan secara grafis baik berupa :

gambar, nama, kata, logo, angka, huruf maupun susunan kata yang berbentuk dua atau tiga dimensi guna membedakan dagang yang satu dengan dagang lainnya.

Merek dagang adalah sebuah tanda atau identitas suatu produk yang khas dan tidak dapat diambil oleh pemdagang lain yang tidak terkait. Merek dagang biasanya digunakan sebagai label representasi dari reputasi produk dagang tersebut.

Sebagai contoh adalah produk susu Bear Brand yang bukan merupakan representasi dari susu beruang yang sesungguhnya melainkan merek dari susu sapi murni.

3. Pendaftaran merek dagang penting digunakan sebagai pembeda

Pendaftaran merek dagang berfungsi sebagai pembeda antara dagang yang satu dengan dagang lainnya. Dengan fungsi tersebut maka akan menciptakan image brand yang khas oleh mata audience terhadap dagang Anda dengan dagang lainnya.

Sebagai contoh adalah merek LV yang erat kaitannya dengan merek tas yakni Louis Vuitton yang merupakan salah satu merek tas branded dari salah satu rumah mode Perancis yang begitu populer di masyarakat luas. Contoh lainnya adalah merek GC yang erat kaitannya dengan merek fashion yaitu Gucci.

4. Pendaftaran merek dagang penting sebagai pemenuhan hak eksklusif atas merek dagang

Jika Anda melakukan prosedur pendaftaran merek terhadap dagang Anda, maka Anda akan memperoleh hak eksklusif atas dagang Anda. Anda akan mendapatkan hak tersebut dari UU merek dan indikasi geografis sebagai kekuatan hukum terhadap merek dagang Anda.

Dalam hal tersebut jika suatu saat nanti ada yang menggunakan merek dagang Anda tanpa izin serta menyalahgunakan merek dagang Anda untuk kepentingan pribadi tanpa seizing Anda selaku pemiliki merek dagang, maka Anda dapat menggugat pihak tersebut.

5. Pendaftaran merek dagang penting untuk melindungi merek dagang Anda

Jika Anda melakukan prosedur pendaftaran merek dagang Anda, maka Anda akan mendapat perlindungan terhadap merek dagang Anda dari risiko yang tidak diinginkan. Beberapa risiko yang sering menghantui para pemdagang terkait merek dagang biasanya adalah pembajakan serta penggunaan merek dagang tanpa seizin pemilik resmi merek dagang tersebut.

Jika terdapat pembajakan maupun penggunaan merek dagang tanpa seizin Anda selaku pemilik resmi dagang tersebut, maka Anda dapat melakukan gugatan terhadap pihak tersebut ke Pengadilan.

6. Pendaftaran merek dagang dapat menimbulkan hak pengajuan pembatalan merek

Apabila Anda telah melakukan prosedur pendaftaran merek secara sistematis, maka Anda akan mendapatkan hak untuk dapat mengajukan pembatalan terhadap merek yang telah terdaftar lainnya.

Adapun merek lainnya yang dimaksud ialah merek lain yang memiliki persamaan baik dalam beberapa bagian maupun secara keseluruhan atas merek dagang Anda.

Hal tersebut juga akan mengantisipasi risiko plagiarisme khususnya pada merek dagang Anda. Sebab, jika Anda menemukan kesamaan merek dagang lain dengan merek dagang Anda, maka Anda dapat melakukan gugatan pembatalan tersebut ke Pengadilan Niaga.

Prosedur Pendaftaran Merek 1

Bagaimana prosedur pendaftaran merek

Persyaratan Pendaftaran Merek

Untuk melakukan pendaftaran merek terhadap dagang Anda, hal pertama yang mesti Anda lakukan ialah dengan melakukan prosedur pendaftaran merek secara sistematis. Dalam melakukan pendaftaran merek dagang dengan benar,

Anda harus terlebih dahulu melengkapi beberapa persyaratan pendaftaran merek. Adapun persayaratan pendafataran merek tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Logo merek

Persyaratan pertama yang harus Anda penuhi demi melakukan permohonan pendaftaran merek ialah label/logo merek. Yang dimaksud dengan label /logo merek yakni sebuah sampel atau contoh etiket yang dilampirkan dalam permohonan pendaftaran merek dagang Anda.

Dalam melampirkan label/logo merek, Anda tida boleh serta merta sembarangan. Ada beberapa kriteria yang harus Anda penuhi untuk menyertakan label merek pada permohonan pendaftaran merek tersebut. Adapun kriteria label/logo merek yang dimaksud yakni sebagai berikut.

• Memiliki format file berbentuk JPG.

• Menggunakan resolusi yang tinggi atau 300 DPI.

• Memiliki ukuran maksimal panjang 9 cm dan lebar 9 cm.

• Menyertakan bagian yang hanya ada pada merek saja.

• Jika berbentuk tulisan format dalam bentuk JPG.

2. Akta perseroan

Persyaratan berikutnya yang harus Anda penuhi dalam pendaftaran merek dagang yaitu menyertakan akta perseroan / badan hukum / badan usaha jika pemohon merupakan badan hukum dan tidak perlu melakukan legalisir.

3. KTP

Dalam melakukan pendataran merek, Anda juga harus menyertakan KTP pribadi atau KTP direktur apabila pemohon merupakan badan hukum.

4. Surat pernyataan

Hal berikutnya yang harus Anda penuhi dalam melengkapi persyaratan terkait pendaftaran merek ialah dengan menyertakan surat pernyataan yang berisi pernyataan bahwa merek yang hendak dimohonkan pendaftarannya tersebut adalah benar milik Anda.

5. Surat kuasa

Untuk melengkapi persyaratan berikutnya terkait permohonan pendaftaran merek ialah dengan menyertakan surat kuasa.

Penyertaan surat kuasa berlaku apabila permohanan pendaftaran merek dagang tersebut diajukan melalui kuasa terdaftar yang mana dalam hal ini berlaku sebagai konsultan HKI di Direktorat Jenderal dengan menyebutkan merek serta kelas barang yang akan diajukan di atas materai yang cukup.

6. NPWP

Persyaratan terakhir yang harus Anda penuhi demi menunjang kelengkapan pendaftaran merek dagang Anda ialah dengan menyertakan NPWP pribadi Anda atau NPWP perusahaan jika yang mengajukan pendaftaran merek adalah perusahaan.

Prosedur Pendaftaran Merek Konsultan Patendo Terpecaya

Prosedur Pendaftaran Merek

Guna mendapatkan segala perlindungan terhadap merek dagang Anda, sebaiknya Anda segera mendaftarkan merek dagang Anda. Selain menghindarkan dari risiko plagiarisme, dengan mendaftarkan merek dagang maka Anda akan memperoleh identitas dagang Anda.

Dalam melakukan pendaftaran merek, ada baiknya Anda memperhatikan prosedur pendaftaran merek agar Anda dapat melakukan pendaftaran tersebut dengan baik dan sistematis.

Adapun tata cara pendaftaran merek yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Lakukan penelusuran merek dagang

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika melakukan pendaftaran merek dagang ialah dengan melakukan penelusuran terhadap merek dagang Anda. Mengapa Anda harus melakukan penelusuran terhadap merek dagang Anda sebelum melakukan pendaftaran?

Tentu saja hal tersebut demi menghindarkan adanya penolakan terkait merek dagang Anda dari pihak yang berwenang.

Lantas, bagaimana cara melakukan penelusuran terhadap merek dagang tersebut? Caranya mudah saja. Anda dapat melakukan penelusuran terhadap merek dagang Anda dengan menggunakan bantuan dari browser pencarian Google.

Di samping itu, Anda juga dapat melakukan penelusuran terkait merek dagang Anda dengan bertanya langsung kepada konsultan HKI Patendo agar hasil yang didapat akurat sehingga mengurangi resiko penolakan.

Jika Anda masih merasa bingung atau mengalami kesulitan, Anda dapat langsung bertanya via telp atau WA 0813 8670 6312.

2. Melengkapi persyaratan prosedur pendaftaran merek dagang

Sebelum Anda melakukan pendaftaran merek dagang Anda, hal penting yang harus Anda lakukan ialah melengkapi persyaratan prosedur pendaftaran merek dagang Anda. Adapun beberapa persyaratan yang mesti Anda lakukan guna melakukan pendaftaran merek dagang di antaranya sebagai berikut.

• Isian formulir pendaftaran merek dagang.

• Produk yang akan didaftarkan merek dagangnya.

• Logo merek.

• Akta perseroran (apabila diperlukan).

• KTP pemohon.

• Surat pernyataan.

• Surat kuasa

• NPWP

3. Melakukan prosedur pendaftaran merek dagang

Terkait permohonan pendaftaran merek dagang, pada hakikatnya terbagi menjadi dua bagian. Adapun bagian dari pendaftaran merek dagang Anda di antaranya sebagai berikut.

• Pengajuan merek dagang oleh Anda selaku pemohon secara langsung.

• Pengajuan merek dagang melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Ditjen HKI.

Dalam melengkapi bagian dari pengajuan merek dagang biasanya Anda selaku pemohon pendaftaran merek dagang akan diminta logo merek, surat kuasa khusus, bukti pembayaran pendaftaran merek.

Usai seluruh prosesi atau langkah-langkah pendaftaran merek dagang tersebut dilakukan maka pihak yang terkait atau berwenang terhadap urusan pendaftaran merek dagang tersebut akan menerbitkan sertifikat merek dagang Anda.

4. Melakukan pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan substantif

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan dalam memenuhi prosedur pendafataran merek ialah dengan melakukan pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan substantif. Adapun prosesi pemeriksaan formalitas pertama yang harus Anda lakukan ialah pemeriksaan terhadap kelengkapan registrasi merek dagang tersebut.

Pastikan Anda sudah memeriksa kelengkapan persyaratan pendaftaran merek terlebih dahulu.

Jika persyaratan pendaftaran merek dagang tersebut kurang atau tidak lengkap, maka pihak yang berwenang dalam urusan pendaftaran merek tersebut akan meminta kelengkapannya dalam kurun waktu 2 bulan saja sejak surat permintaan pertama diterima.

Berikutnya, setelah melakukan serangkaian prosdur pendaftaran merek terkait pemeriksaan formalitas Anda harus melakukan pemeriksaan substantif.

Kurun waktu yang disediakan guna melakukan pemeriksaan substantif ialah hanya 1 bulan saja, yang mana terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan atau pengajuan pendaftaran merek dagang Anda diterima oleh pihak yang berwenang.

Adapun pemeriksaan substantif biasanya akan dilakukan oleh pihak terkait tersebut dengan waktu paling lama yaitu 9 bulan lamanya.

5. Melakukan pengajuan keberatan

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan dalam prosedur pendaftaran merek dagang ialah melakukan pengajuan keberatan.

Setelah disetujuinya permohonan pendafataran merek dagang Anda, 10 hari berikutnya pihak terkait akan mengumumkan permohonan pendaftaran merek dagang tersebut dalam sebuah berita resmi merek.

Pengumuman resmi tersebut berlangsung selama 3 bulan. Jika Anda merasa keberatan terkait dengan pengumuman resmi tersebut, maka Anda dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada pihak terkait atau yang berwenang dalam menangani pendaftaran merek dagang tersebut.

Adapun waktu paling lama untuk pengajuan keberatan kepada pihak terkait tersebut ialah paling lama 2 bulan sejak tanggal penerimaan salinan keberatan tersebut.

6. Melakukan pemeriksaan kembali

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan dalam prosedur pendaftaran merek dagang ialah dengan melakukan pemeriksaan kembali.

Ketika Anda telah melakukan pengajuan keberatan terhadap pendaftaran merek dagang Anda, maka pihak berwenang tersebut akan menggunakan keberatan Anda tersebut sebagai pertimbangan untuk kembali mengadakan pemeriksaan terhadap Anda.

Pemeriksaan kembali yang dilakukan olah pihak berwenang tersebut kepada Anda, biasanya akan diselesaikan dalam jangka waktu paling lama dua bulan sejak berakhirnya masa pengumuman berita resmi tersebut.

Apabila tidak ditemukan adanya permasalahan setelah melakukan pemeriksaan kembali terhadap Anda tersebut, maka pihak yang berwenang dalam urusan pendaftaran merek dagang tersebut akan menerbitkan sertifikat merek kepada Anda atau kuasa Anda (jika Anda menggunakan jasa pendaftaran merek dagang).

Adapun kurun waktu penerbitan sertifikat tersebut ialah paling lama 30 hari sejak tanggal permohonan tersebut disetujui untuk berada dalam daftar pengumuman resmi merek dagang.

Demi kelangsungan dagang Anda, maka sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah pendaftaran merek dagang tersebut secara baik, aanda bisa bertanya kepada Patendo. Pahami tata cara pendaftaran merek dagang tersebut secara urut dan sistematis demi terselesainya permohonan pendaftaran merek dagang tersebut dengan baik.

Prosedur Pendaftaran Merek Patendo

Sisi Keuntungan Terkait Prosedur Pendaftaran Merek

Barangkali Anda masih tetap bertanya-tanya mengenai apa sih keuntungan dari pendaftaran merek dagang atau apa saja implikasi terkait pendaftaran merek dagang tersebut? Jadi, penting untuk Anda ketahui bahwa pendaftaran merek dagang memiliki beberapa keuntungan bagi Anda yang tengah ingin mendaftarkan merek dagang Anda.

Apabila Anda telah melakukan pendaftaran merek dagang maka Anda telah mempunyai sebuah tanda yang memiliki faedah guna pembeda antara produk dagang yang Anda miliki dengan produk dagang yang dimiliki oleh pihak lain. Di samping itu, Anda juga akan memiliki perlindungan terhadap keberlangsungan dagang Anda.

Prosedur Pendaftaran Merek

Adapun rincian atas manfaat yang dapat Anda peroleh jika Anda melakukan pendaftaran merek dagang di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga hak eksklusifitas terhadap merek dagang Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu sisi keuntungan dari permohonan pendaftaran merek dagang ialah terjaganya hak eksklusifitas terhadap merek dagang Anda. Dengan mendaftarkan merek dagang Anda, berarti Anda telah memastikan eksklusifitas hukum atas penggunaan nama maupun logo dan hal lainnya terkait dagang Anda secara tepat dan efektif.

Sebagaimana hak kebendaan yang lainnya, merek dagang pada hakikatnya merupakan suatu benda yang mempunyai hak eksklusifitas yang mana dapat mencegah segala risiko yang tidak diinginkan oleh pedagang dan salah satunya ialah risiko penyalahgunaan merek dagang tanpa seizin Anda.

2. Mendapatkan pemerolehan terhadap perlindungan hukum

Apabila Anda mendaftarkan merek dagang Anda ke pihak yang berwenang mengurusi pendaftaran merek dagang, maka Anda akan menerima perlindungan dagang Anda. Adapun perlindungan tehadap merek dagang Anda meliputi cakupan secara nasional.

Dengan demikian, Anda dapat dengan leluasa menjalankan dagang Anda.
Dengan melakukan pemasaran dalam skala luas tersebut, maka Anda akan dapat menaikkan omset secara fantastis.

3. Menghalangi serta mencegah pihak lain yang tidak terkait

Jika Anda melakukan pendaftaran merek dagang, maka hal tersebut akan memberikan sisi keuntungan terhadap berlangsungnya merek dagang Anda. Anda akan dapat melakukan pencegahan terhadap orang lain dalam hal menggunakan merek yang mirip atau identik dengan merek dagang Anda.

Anda dapat melakukan banding apabila Anda mengetahui adanya kesamaan merek dagang yang dimiliki oleh pihak lain dengan merek dagang yang Anda miliki. Bahkan, Anda bisa langsung melakukan gugatan kepada pihak yang bisa dikatakan sebagai pencuri ide merek dagang Anda tersebut baik secara pidana maupun secara perdata.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jika Anda melakukan prosedur pendaftaran merek dagang Anda dengan baik dan sistematis, maka Anda akan memperoleh kekuatan atau kuasa penuh terhadap merek dagang Anda. Usaha dagang Anda pun akan berlangsung dengan baik dan lancar-lancar saja.

4. Mengontrol penggunaan merek

Apabila Anda melakukan prosedur pendaftaran merek dagang Anda ke pihak yang mempunyai wewenang penuh terhadapnya, maka Anda akan mendapatkan sisi keuntungan dalam hal mengontrol penggunaan merek dagang yang dimiliki oleh Anda dengan menggunakan mekanisme lisensi terhadap pihak lainnya.

5. Menikmati nilai ekonomis

Sisi keuntungan berikutnya yang dapat Anda peroleh apabila Anda telah melakukan pendaftaran terhadap merek dagang Anda ialah dapat merasakan nilai ekonomis. Anda akan dapat memegang merek terdaftar secara signifikan. Pembeli produk dagang Anda cenderung akan sudi mengeluarkan kocek lebih demi mendapatkan produk dagang Anda.

Sebagai contoh adalah pembeli setia produk Gucci. Mereka akan sudi mengeluarkan uang hingga milyaran rupiah demi mendapatkan produk Gucci yang mereka minati. Atau mungkin Anda sendiri pernah melakukan hal yang sama? Atau dengan merek lainnya?

Jika sudah demikian, sebagai pelaku dagang maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Anda dapat mewujudkan nilai ekonomis tersebut tidak lain dengan melakukan prosedur pendaftaran merek dagang terlebih dahulu dengan baik dan sistematis.

merek dagang

Beberapa informasi terkait prosedur pendaftaran merek dagang tersebut kiranya dapat mencerahkan pikiran Anda untuk segera melakukan pendaftaran merek dagang yang Anda miliki. Silahkan hubungi Patendo untuk pendaftaran merek yang mudah.

Semoga merek dagang Anda berjalan dengan lancar dan semoga Anda selalu mendapatkan sisi keuntungan dari pendaftaran merek dagang Anda. Sukses selalu untuk Anda!

Bagikan :
There are currently no comments.