021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pengertian HKI / Hak kekayaan Intelektual

Fungsi pendaftaran merek hki

Manusia memiliki kemampuan menggunakan akalnya untuk melahirkan karya karya yang kreatif. Namun, munculnya karya ini bisa disalahkan oleh pihak lain yang mengakui karya tersebut sebagai hasil dari usahanya. Maka dari itu penting adanya Hak Kekayaan Intelektual. Untuk lebih memahami mengenai HKI, anda bisa menyimak informasi selengkapnya di bawah ini.

Memahami Apa itu HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Hak Kekayaan Intelektual atau sering disingkat dengan HKI merupakan hak yang ada karena hasil pikir dari otak yang menghasilkan suatu produk maupun proses yang bermanfaat bagi manusia. Atau bisa dikatakan jika HKI merupakan hak untuk menikmati secara ekonomis karena kreativitas yang telah dihasilkan oleh seseorang. Maka objek yang masuk dalam Hki meliputi karya yang telah dihasilkan karena kemampuan intelektual dari seseorang tersebut.

HKI sering dipadankan dengan IPR (intellectual Property Rights (IPR). Secara umum HKI dibagi menjadi dua yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri. Adapun hak kekayaan industri meliputi paten, desain produk, merek, desain tata letak, sirkuit terpadu, rahasia dagang, penanggulangan praktik persaingan curang, serta perlindungan varietas tanaman. Dengan adanya HKI ini, maka ilmu pengetahuan menjadi dasar dari pembangunan ekonomi.

Manfaat HKI di Dunia Perdagangan

Mengetahui manfaat HKI sangat penting, setelah memahami pengertian HKI/Hak Kekayaan Intelektual. Ada banyak manfaat dari HKI terutama di bidang perdagangan. Sebenarnya negara memberikan hak bagi pelaku untuk mengajukan permohonan terhadap karya intelektualnya maupun tidak. Namun, bagi pelaku bisnis tentu ini harus dilakukan. Apalagi untuk saat ini sering terjadi kemunculan produk yang hampir serupa.

Dengan adanya HKI, maka munculnya hasil intelektual yang serupa dapat dicegah dengan baik. Penghasil karya pertama dapat melakukan klaim karena sebelumnya sudah memiliki hak terhadap hasil kreativitasnya tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai langkah antisipasi jika misalnya pihak lain ingin melakukan penjiplakan. Selain itu, HKI juga memberikan motivasi bagi orang lain untuk mengembangkan kreativitas yang sebelumnya telah ditemukan.

Mengingat manfaatnya yang sangat penting, maka tak heran jika HKI menjadi salah satu isu yang diperhatikan oleh dunia. Adanya HKI  bisa memberikan perlindungan hasil karya yang telah ditemukan oleh seseorang atau pihak tertentu. Selain itu, HKI juga merupakan penghargaan dari hasil kreativitas seseorang agar ia bisa menikmati secara ekonomis.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.