021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Apa Itu Merek Dagang? Ini Dia Penjelasannya Secara Lengkap

Merek dagang adalah sesuatu hal yang penting bagi suatu produk atau jasa yang diciptakan. Karena merek dagang tersebut adalah ibarat suatu penanda. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan hal tersebut?

Bagi Anda yang tidak terlalu menganggap penting, mungkin istilah ini masih terasa asing. Namun, tidak demikian dengan yang benar-benar peduli dengan hasil produk ciptaannya. Akan berusaha keras membuat dan melindungi merek mereka.

Merek sendiri adalah ibarat sebuah tanda yang bisa ditampilkan dalam bentuk nama, huruf atau logo.

merek dagang

Fungsi merek dagang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merek dagang sebagai tanda Pengenal

Fungsi pertama sebuah merek adalah sebagai tanda pengenal. Karena merek sendiri berarti nama, maka hal tersebut telah menjadi tanda pengenal bagi sebuah produk.

Dengan adanya merek yang digunakan akan memudahkan banyak orang untuk mengenal tentang produk itu. Merek bagi sebuah produk juga sebagai pembeda antara produk satu dengan produk lain yang serupa.

2.Alat Promosi

Suatu produk tentunya butuh promosi agar semakin dikenal. Nah, fungsi mereklah yang akan bekerja sebagai promosi dengan mudah.

Agar promosi dapat berjalan dengan lancar ada baiknya merek sebuah produk menggunakan nama yang mudah disebut, mudah diingat, unik dan beda dengan merek yang lainnya.

3. Jaminan

Merek pun bisa menjadi sebuah jaminan atas mutu suatu produk. Merek yang telah dikenal, familiar apalagi yang telah terkenal luas akan membuat orang percaya pada kualitas produk tersebut hingga terus menggunakannya.

Hal tersebut tentu akan menguntungkan pihak pembuat produk. Cara agar produk / jasa semakin dikenal adalah dengan gencar melakukan promosi dan menjaga kualitas produk.

4. Petunjuk Asal Barang

Nama sebuah merek kadang dapat menjadi sebuah petunjuk dari mana produk tersebut berasal. Misalnya produk kecap dengan merek tertentu yang telah dikenal, orang akan mudah menebak dari manakah produk tersebut berasal.

Sebuah merek dari produk tertentu yang telah dibuat tidak bisa serta-merta digunakan begitu saja. Agar tidak terjadi masalah dikemudian hari yang akan membawa kerugian ada baiknya merek tersebut didaftarkan agar resmi dan bisa digunakan kapan pun.

daftar merek dagang

Manfaat merek dagang antara lain:

1. Alat Bukti
Nama merek yang telah susah payah dibuat harus segera didaftarkan. Mengapa demikian?

Hal tersebut bertujuan bahwa merek adalah bukti kepemilikan yang sah atas suatu produk / jasa, dengan merek tersebut akan diketahui produk / jasa tersebut milik siapa. Alat bukti tersebut penting agar orang lain tidak mudah mengklaim sebagai pemilik dan pembuat produk / jasa.

2. Mencegah Orang Lain Memakai
Fungsi pendaftaran merek selanjutnya adalah mencegah orang lain menggunakan merek yang sama. Hal ini sering terjadi ketika nama sebuah merek tidak didaftarkan orang lain akan dengan mudah menggunakan nama tersebut.

Jika hal tersebut terjadi tentu akan merugikan apalagi jika nama mereknya telah terkenal, produk laris dan banyak peminat.

Alasan yang demikianlah yang mendasari pentingnya pendaftaran merek dgang agar orang lain tidak mudah menggunakannya karena merek telah dipatenkan.

3. Dasar Penolakan untuk Merek Yang Serupa
Apabila sebuah merek telah didaftarkan dan paten menjadi hak milik seseorang, maka apabila ada orang lain yang berniat menggunakan nama tersebut dapat digugat dengan hukum perundangan yang berlaku saat ini.

Betapa pentingnya nama sebuah merek harus didaftarkan karena memilih nama merek memiliki perjuangan panjang. Demikian juga saat mengenalkannya pada khalayak ramai.

Untuk pendaftaran akan sebuah merek harus melalui beberapa tahap yang tidak sebentar.

Tahapan demi tahapan harus dilalui agar hak paten merek segera didapatkan. Untuk membuat merek ada beberapa syarat pendaftaran merek yang harus dipenuhi untuk bisa melalui beberapa tahap.

merk dagang terdaftar

Syarat pendaftaran merek dagang yang harus dipenuhi antara lain:

1. Nama yang berbeda
Agar merek yang akan didaftarkan bisa berjalan lancar dan tidak mengalami penolakan, maka ada baiknya apabila nama yang digunakan adalah nama yang berbeda dengan merek yang lainnya.

Bayangkan apabila ada suatu produk yang serupa mempunyai merek yang sama tentunya akan membingungkan banyak orang.

Hal ini harus benar-benar dihindari. Oleh karena itu sebelum membuat merek ada baiknya melakukan riset pasar apakah merek tersebut telah digunakan atau tidak. Atau baiknya melakukan cek merek dagang hki melalui konsultan merek kami.

2. Nama yang Umum
Nama merek yang bisa didaftarkan umumnya adalah merek dengan nama yang umum. Tidak mengandung nama yang aneh yang akan membuat orang bingung dengan nama tersebut.

Nama yang digunakan juga disarankan yang mudah diingat, mudah disebut dan unik hingga menjadi beda dengan nama yang lain.

3. Tidak bertentangan dengan ideologi Negara
Agar nama sebuah merek dapat digunakan sebaiknya saat membuat nama tidaklah bertentangan dengan ideologi negara.

Jika hal tersebut terjadi nama merek yang akan didaftarkan akan mengalami penolakan hingga sia-sia saja membuat merek tersebut.

4. Berkaitan dengan Produk
Agar orang semakin mudah dalam mengenal dan mengingat merek tersebut, yang harus dilakukan adalah dengan membuat nama yang berkaitan dengan produk. Jangan membuat nama yang tidak kaitannya sama sekali.

Hal itu akan membawa dampak yang tidak baik saat melakukan pendaftaran merk.

5. Tidak Memuat Unsur yang Menyesatkan
Syarat lain yang harus dipenuhi saat mendaftarkan merek dagang adalah nama yang digunakan tidak mengandung unsur yang menyesatkan.

Dalam tahapan proses pendaftaran merek, nama tersebut akan diuji secara mendalam oleh Ditjen HKI apakah nama itu layak atau tidak untuk digunakan.

Demikianlah pentingnya akan nama sebuah merek bagi sebuah produk. Nama itu ibarat penanda kepemilikan yang penting agar orang tidak keliru membedakan merek satu dengan merek yang lainnya. Begitu pula dengan mendaftarkannya.

Hal itu menjadi amat penting karena saat ini banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin meraih kesuksesan dengan instan menggunakan merek orang lain. Nama merek yang telah dipatenkan tidak akan mudah dipakai dan diganggu gugat orang lain.

apakah merek itu

Apa Itu Merek Produk?

Pengertian tentang Merek Produk Berdasar Pendapat Para Ahli
Merek produk merupakan bagian yang penting dalam bisnis barang. Merek produk menjadi suatu pembeda untuk produk lain yang sejenis. Merek produk bisa menaikkan citra perusahaan Anda.

Penggunaan merek produk yang baik bisa menjadi cara untuk mengenalkan bisnis Anda ke para konsumen. Tahukah Anda tentang pengertian dari merek produk?

cara membuat brand baju sendiri

Simak penjelasan tetang merek produk berikut ini :

1. Janita (2015)
Janita berpendapat bahwa merek pada produk merupakan suatu kata, desain grafis, ide, dan suara yang dapat menjadi suatu simbol jasa dan produk yang diproduksi oleh suatu perusahaannya.

2. Kotler dan Amstrong (2012)
Ahli ini berpendapat pengertian dari merek adalah suatu istilah, nama, simbol, tanda, desain, atau penggabungan dari hal-hal tersebut, yang dibuat dengan tujuan sebagai identitas dari jasa atau barang yang diproduksi oleh suatu produsen.

Dalam pandangannya penggunaan merek pada produk memudahkan para konsumen untuk melakukan identifikasi yang sesuai dengan keinginan atau selera dari konsumen.

Adanya merek pada produk juga menjadi gambaran kualitas dan konsistensi dari produk. Dengan kata lain, merek produk yang bagus lebih mudah dikenal oleh para konsumen.

3. Aaker (1997)
Ahli ini menyatakan bahwa merek adalah simbol atau nama yang sifatnya membedakan. Maksudnya, simbol dan nama tersebut menjadi suatu pengenal yang bisa jadi pembeda antara produk dari suatu perusahaan dengan produk dari perusahaan lainnya.

Hal yang membedakan bisa berupa cap, kemasan, logo, nama, dan lain sebagainya.

4. Sinamora (2003)
Merk dagang adalah segala hal yang dapat menjadi identitas dari barang atau jasa yang dijual dan bisa menjadi pembeda dengan jasa dan barang yang lain. Merek bisa berupa huruf, kata, desain, simbol, atau campuran dari hal-hal tersebut.

Berdasar definisi yang diungkap di atas dapat disimpulkan, merek pada produk bisa dibuat dalam berbagai macam kreasi yang melibatkan satu atau lebih suatu simbol-simbol.

Merek produk akan menjadi suatu pembeda dan sebagai identitas dari barang yang diperjualbelikan atau di produksi suatu perusahaan.

Jasa Pendaftaran Merek dagang

Pengertian Merek Dagang

Merek dagang adalah sebuah tanda yang menjadi identitas dari sebuah produk. Produk yang dimaksud bisa berupa barang dan bisa juga berupa jasa. Merek bisa diwujudkan dalam beberapa bentuk seperti logo, nama, huruf, gambar, dan lain sebagainya.

Bahkan ada juga merek yang hadir dalam bentuk unik seperti hologram dan gambar 3 dimensi.

Pada intinya merek dagang merupakan sebuah identitas dari suatu produk. Tanpa identitas maka akan sulit bagi kita untuk mengenali sebuah produk. Sama halnya seperti manusia.

Jika tidak memiliki nama, maka kita akan sulit untuk mengenali mereka. Jadi, bisa dikatakan bahwa merek dagang ini hampir sama fungsinya dengan nama pada manusia.

Merek dagang memiliki fungsi penting yang sangat berpengaruh pada popularitas suatu produk. Selain itu, merek dagang juga berperan penting pada tingkat keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Merek dagang menjadi tanda pengenal yang akan membuat masyarakat mengenali produk Anda dengan mudah. Kalau sudah mengenal produk, maka masyarakat juga berpeluang membeli produk tersebut.

Menjadi Pembeda dengan Produk Lain

Seperti kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali jenis produk yang beredar di pasaran. Setiap produk memiliki karakteristiknya masing-masing. Untuk membedakan satu produk dengan produk yang lain dibutuhkan sebuah merek.

Jadi bisa dikatakan bahwa merek memiliki fungsi untuk membedakan produk satu dengan produk yang lain. Dengan kata lain, merek akan memberikan ciri khas bagi produk yang Anda miliki.

Merek dagang tak hanya berguna bagi produsen tapi juga sangat bermanfaat bagi para konsumen. Merek dagang membantu konsumen menemukan produk yang mereka inginkan ketika berbelanja.

Coba bayangkan kalau tidak ada merek, mungkin akan sulit untuk belanja ini itu karena semua produk terlihat sama. Jadi, bisa dikatakan bahwa merek dagang adalah penunjuk dari sebuah produk atau barang.

Merek dagang menjadi satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Karena merek dagang memiliki fungsi yang penting, maka pastikan Anda mempersiapkan merek dengan sebaik mungkin.

Pilihlah merek yang unik, asli, dan bisa menarik perhatian banyak orang. Dengan adanya merek, maka Anda akan lebih mudah berpromosi dan lebih mudah menyebarluaskan produk Anda.

pendaftaran merek online hki

Apa yang Dimaksud Merek Kolektif?

Pengertian Merek Kolektif

Merek kolektif merupakan merek yang dipakai pada beberapa produk bisa berupa barang atau jasa. Namun, produk tersebut memiliki karakteristik atau ciri yang sama namun diperdagangkan oleh banyak orang secara bersamaan.

Pemberian merek kolektif ini dilakukan agar konsumen bisa membedakan produk satu dengan produk yang lain.

Perlu diketahui bahwa merek kolektif ini memang hampir sama dengan peniruan atau kemiripan antara merek dagang satu dengan merek yang lain. Tapi merek kolektif tidak bisa disebut sebagai plagiasi. Merek kolektif umum dilakukan dan legal serta aman untuk dilakukan.

Tidak ada pelarangan penggunaan merek kolektif karena dinilai tidak merugikan malah justru bisa menguntungkan.

Kita mungkin sering melihat produk yang mirip dan dijual dengan merek dagang yang hampir sama. Ambil saja salah satu contohnya adalah Coca Cola dengan Big Cola.

Kedua produk ini memiliki karakteristik yang sama dan memiliki merk dagang yang hampir sama. Namun, meskipun ada kemiripan tapi masyarakat tetap bisa membedakan dengan mudah mana yang Big Cola dan mana yang Coca Cola.

MEREK DAGANG PATENDO

Fungsi Merek Kolektif

Telah disinggung bahwa merek kolektif berfungsi untuk memudahkan konsumen mengenali produk satu dengan produk lain walaupun keduanya mirip.

Namun, selain itu merek kolektif juga berfungsi untuk memudahkan pemasaran dari merek dagang yang meniru. Biasanya produk yang ditiru adalah produk dengan merek yang sudah lebih dulu populer di masyarakat.

Singkatnya, jika produk tersebut memiliki merek kolektif dengan merek yang sudah lebih dulu populer maka ia juga akan ikut populer di kalangan masyarakat. Dengan begitu maka biaya yang dibutuhkan untuk promosi juga menjadi lebih murah karena masyarakat sudah mengenali produk tersebut.

Biasanya produk-produk dengan merek kolektif juga menggunakan desain kemasan yang hampir sama. Hal ini sangat menguntungkan karena produk yang meniru tidak perlu membuat desain kemasan dari nol.

Selain itu, penggunaan merek kolektif juga lebih memudahkan karena tidak perlu melakukan pengurusan nomor pendaftaran ke pihak Dirjen HKI.

Itulah tadi sedikit informasi seputar merek kolektif. Jadi, perlu ditegaskan lagi bahwa merek kolektif bukanlah suatu bentuk plagiasi. Merek kolektif bisa dilakukan dan bersifat legal. Merek kolektif justru akan semakin memudahkan konsumen untuk membeli produk yang diinginkan.

Pengertian Identitas Produk

Apa yang Dimaksud dengan Identitas Produk?

Pengertian Identitas Produk

Identitas produk adalah gambaran mengenai sebuah produk yang bisa dilihat dan dikenali oleh konsumen. Banyak orang mengatakan bahwa identitas produk adalah merek dagang.

ebenarnya identitas sebuah produk tidak hanya berupa merek. Merek dagang hanyalah salah satu bentuk dari identitas sebuah produk. Lalu apa itu sebenarnya identitas produk?

Identitas produk bisa diwujudkan dalam bentuk pandangan terhadap suatu produk. Baik bentuk kemasan, desain kemasan, warna kemasan, logo, merek, dan lain sebagainya yang ada pada sebuah produk disebut sebagai identitas.

Intinya, identitas adalah apapun pada sebuah produk yang membuat produk tersebut menjadi mudah untuk dikenali.

Kita bisa melihat bahwa setiap jenis produk yang beredar di pasaran pasti memiliki bentuk yang berbeda-beda. Kemasan yang dipakai juga pasti berbeda-beda baik dari segi desain maupun warna.

Inilah yang menjadi bentuk dari identitas sebuah produk. Identitas menjadi sebuah ciri khas dari produk itu sendiri sehingga bisa dikenali dan menjadi pembeda dari produk lainnya.

pendaftaran merek gratis

Membuat Identitas Produk

Apa yang perlu dilakukan untuk membuat identitas produk yang baik? Jika Anda adalah pengusaha dan memiliki produk Anda sendiri, maka penting sekali untuk segera membuat identitas produk.

Produk Anda harus secepatnya memiliki identitas. Jika produk Anda sudah memiliki identitas maka akan semakin mudah bagi konsumen untuk mengenalinya.

Membuat identitas suatu produk tidak bisa dilakukan asal-asalan. Anda harus memikirkan segala aspek dengan benar agar identitas produk bisa meninggalkan kesan di hati konsumen. Kemasan produk perlu dibuat seunik mungkin dan tidak pasaran.

Kombinasi warna, logo yang digunakan, dan merek yang dipakai juga harus beda dari yang lain. Sebuah identitas harus memiliki nilai unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Coba bayangkan jika Anda sedang berbelanja, pasti Anda akan lebih mudah mengingat produk yang desain kemasannya cukup unik, warnanya cukup menarik, dan mereknya mudah diingat maupun diucapkan. Karena itu buatlah identitas produk yang seperti itu.

Itulah tadi sedikit informasi seputar identitas produk. Dari penjelasan singkat ini, jelas sekali bahwa identitas produk memiliki peran yang sangat penting. Tak hanya dari sisi produsen tapi juga dari sisi konsumen sebagai pembeli dari produk tersebut.

Bagikan :
There are currently no comments.