021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Jasa Pendaftaran Merek

Jasa Pendaftaran Merek Patendo siap membantu Anda dalam pendaftaran merek dengan cara dan proses mudah dan biaya yang terjangkau WA 0813 8670 6312. Fungsi utama dari pendaftaran merek ialah agar konsumen dapat mencirikan suatu produk dagang satu dengan lainnya.

Proses pendaftaran merek dagang sendiri terbilang cukup rumit sekaligus memusingkan karena mempunyai tahapan yang sistematis. Harga jasa pendaftaran merek dagang Patendo sangat terjangkau, silahkan hubungi kami..

Sekarang ini, penyedia jasa pendaftaran terhadap merek dagang maupun produk tersebut sangat berlimpah bak jamur di musim hujan. Untuk itu, Anda dapat dengan leluasa memilih penyedia jasa pendaftaran terhadap merek dagang mana yang ingin Anda gunakan.

Meskipun terbilang cukup bervariasi, lantas Anda tidak serta merta asal memilih. Mengapa demikian?

Jasa Pendaftaran Merek

Jangan Asal Pilih Penyedia Jasa Pendaftaran Merek Dagang

Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa pendaftaran merek dagang ketika ingin mendapatkan manfaat praktis dari pendaftaran merek hki.

Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih penyedia jasa pendaftaran terkait merek dagang Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam permohonan pendaftaran merek tersebut.

1. Jangan memilih jasa pendaftaran terkait merek dagang yang tidak jelas

Ketika Anda hendak memilih jasa pendaftaran terkait merek dagang Anda, sebaiknya Anda jangan memilih penyedia jasa tersebut yang tidak jelas atau tidak memiliki transparansi dalam kinerjanya untuk menyelesaikan permintaan klien.

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih penyedia jasa tersebut ialah Anda harus memperhatikan informasi jelas dari penyedia jasa pendaftaran terkait merek dagang tersebut. Anda harus mendapatkan informasi kontak yang dapat dihubungi dari penyedia jasa tersebut.

2. Jangan memilih jasa pendaftaran terkait merek dagang yang tidak mempunyai testimoni

Testimoni atau review dari pengguna jasa tersebut juga penting bagi Anda untuk dapat memilih penyedia jasa pendaftaran terkait merek dagang tersebut. Testimoni penting dalam hal menyangkut kepentingan rasa percaya antara pelaku dagang dengan pelanggan atau konsumennya.

Testimoni penting sebagai bukti kepuasan pelanggan terhadap penggunaan jasa suatu merek dagang. Dengan adanya review yang baik dari pelanggan sebelumnya, maka Anda akan merasa cukup yakin untuk ikut juga menggunakan jasa pendaftaran merek dagang.

Jasa Pendaftaran Merek online

Manfaat Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek Patendo

Jika Anda melakukan pendaftaran merek sendiri, tentu akan banyak menyita waktu Anda. Hal tersebut dikarenakan pendaftaran merek di Indonesia mempunyai serangkaian prosedur yang begitu panjang.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pendaftaran merek dagang dengan menggunakan jasa pendaftaran merek dagang.

Adapun manfaat dari menggunakan jasa pendaftaran merek sebagai berikut:

1. Hemat waktu

Dengan melakukan pendaftaran merek dagang melalui jasa pendaftaran merek dagang, maka Anda akan memperoleh manfaat praktis dari segi waktu.

Ketika Anda melakukan pendaftaran merek sendiri dengan datang langsung ke pihak berwenang dalam menangani pendaftaran merek dagang, maka Anda harus melewati serangkaian proses pendaftaran merek dagang tersebut sendiri.

Terlebih lagi, melakukan pendaftaran merek dagang ke pihak berwenang tersebut cukup menyita waktu Anda. Serangkaian proses pendaftaran merek terbilang cukup lama dan melelahkan. Belum lagi, jika Anda harus mengajukan keberatan atas pendaftaran merek dagang Anda.

Jika Anda menggunakan jasa pendaftaran merek dagang, maka Anda akan memperoleh manfaat praktis dari segi waktu. Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk kepentingan lain di samping pendaftaran merek dagang Anda.

Untuk mengetahui kelas pendaftaran merek silahkan kunjungi halaman biaya dan cara daftar merek diweb Patendo.

2. Memperoleh layanan profesional

Tidak jarang dalam prosesi pendaftaran merek dagang, Anda akan mengalami sengketa atau kasus lainnya yang menyangkut pendaftaran merek dagang tersebut.

Dengan menggunakan jasa yang ahli dalam pendaftaran merek dagang, maka Anda akan mendapatkan manfaat layanan profesional dari penyedia jasa pendaftaran tersebut.

Penyedia layanan jasa pendaftaran merek akan memberikan layanan arbitrase terkait sengketa merek yang Anda alami. Adapun sengketa yang dimaksud salah satunya ialah adanya pihak lain yang menggunakan merek dagang yang telah terdaftar tersebut tanpa izin Anda selaku pemilik resmi merek dagang.

Dengan menggunakan jasa pendaftaran merek Patendo, maka Anda akan mendapatkan solusi dan penanganan terbaik dalam penyelesaian sengketa merek dagang tersebut.

Jasa Pendaftaran Merek dagang

Fungsi Pemakaian dan Pendaftaran Merek Dagang

Fungsi dari pemakaian dan pendaftaran terhadap merek dagang baik yang Anda lakukan sendiri maupun dengan menggunakan jasa pendaftaran merek dagang tentu sangat beragam. Apa sajakah?

1. Fungsi pemakaian merek dagang

• Sebagai tanda pengenal

Fungsi pemakaian merek dagang pertama yang perlu Anda tahu ialah dapat dipergunakan sebagai tanda pengenal atau pembeda.

Merek atau logo dagang mampu membedakan antara hasil produksi yang dihasilkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain maupun badan hukum lainnya.

• Sebagai alat promosi

Fungsi pemakaian merek dagang berikutnya ialah dapat dipergunakan sebagai alat promosi produk/jasa/usaha Anda. Hanya dengan menyebut mereknya saja, Anda akan mudah dalam melakukan promosi.

• Sebagai jaminan mutu barang

Apabila Anda menggunakan merek dagang maka Anda akan mendapatkan jaminan atas mutu barang karena kualitas suatu produk sudah mempunyai merek dagang yang mampu mempertahankan kualitas atau jaminan mutu barang.

Produksi barang maupun jasa tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena akan mempertaruhkan reputasi perusahaan yang telah mendaftarkan merek dagang tersebut.

• Sebagai penunjuk asal barang diproduksi

Fungsi pemakaian suatu merek dagang berikutnya ialah dapat dipergunakan sebagai penunjuk atau penanda asal barang tersebut diproduksi. Sebagai contoh adalah merek dagang Gucci.

Jika Anda merupakan penyuka brand mewah tersebut, maka pasti akan tahu darimana merek Gucci tersebut berasal. Tentu saja dari Florence, Italia.

Contoh lainnya adalah ketika Anda menyukai dan mengagumi mobil, ATV maupun motor dengan merek Suzuki. Tentu saja Anda akan mengetahui dari mana Suzuki tersebut berasal. Suzuki didirikan oleh Michio Suzuki berasal dari Hamamatsu, Perfektur Shizouka, Jepang.

Jasa Pendaftaran Merek dagang haki

2. Fungsi pendaftaran merek dagang

• Sebagai alat bukti

Fungsi pendaftaran merek tersebut dapat dipergunakan sebagai alat bukti bagi Anda selaku pemilik dagang yang berhak atas merek dagang yang Anda daftarkan tersebut.

• Sebagai dasar penolakan

Fungsi pendaftaran suatu merek dagang lainnya yang dapat Anda ketahui ialah dapat dipergunakan sebagai suatu bentuk dasar penolakan. Apa yang dimaksud dengan dasar penolakan tersebut?

Bentuk dasar penolakan yang dimaksud ialah suatu bentuk penolakan terhadap merek yang serupa atau sama secara keseluruhan maupun sama pada pokoknya yang dimohonkan oleh orang lain untuk barang atau jasa sejenis.

• Sebagai dasar pencegahan dari pihak lainnya

Fungsi pendaftaran suatu merek dagang yang dapat Anda ketahui berikutnya ialah sebagai dasar pencegahan dari pihak lain yang mungkin menimbulkan risiko terkait kelancaran dagang Anda.

Dengan melakukan pendaftaran merek dagang Anda baik secara langsung maupun dengan menggunakan jasa pendaftaran merek dagang maka akan mencegah orang lain memakai merek yang sama baik secara keseluruhan maupun pada pokoknya dalam peredaran barang atau jasa sejenis.

Ketika Anda mengetahui adanya pemakaian merek dagang yang serupa dengan merek dagang Anda, maka Anda dapat langsung menggugatnya baik secara pidana maupun secara perdata demi menghilangkan kerugian atas usaha Anda.

Biaya Jasa Pendaftaran Merek dagang

Panduan atau Tips Memilih Jasa Pendaftaran Merek Dagang Online di Indonesia

Agar Anda tidak salah langkah dalam memilih jasa pendaftaran merek dagang, ada baiknya Anda memperhatikan panduan atau tips dalam memilih jasa pendaftaran merek dagang khususnya di negara Indonesia.

Adapun panduan atau tips memilih jasa pendaftaran merek dagang sebagai berikut:

1. Pastikan Anda memilih jasa pendaftaran merek dagang yang telah direkomendasikan oleh banyak orang

Ketika Anda hendak memilih penyedia jasa pendaftaran merek dagang sebaiknya Anda memilih penyedia jasa pendaftaran merek HAKI yang telah direkomendasikan oleh banyak orang.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda dapat mengetahui penyedia jasa pendaftaran merek secara online mana saja yang telah direkomendasikan oleh banyak orang? Patendo tempatnya.

Caranya sangat mudah. Anda dapat mengunjungi website resmi penyedia jasa pendaftaran merek dagang dengan Konsultan HKI terdaftar. Misalnya, di website resmi Patendo tertera banyak logo merek dari klien yang sudah mendaftarkan mereknya.

Patendo siap membantu anda dengan cara yang mudah dan biaya pendaftaran merek yang murah. Anda bisa menghubungi kami dijam kerja.

Dengan pengecekan merek, anda akan tahu merek yang akan didaftarkan sudah ada yang memiliki atau masih kosong. Jika hasil pengecekan kosong maka peluang diterima merek anda menjadi lebih besar.

Jika hasil pengecekan ternyata sudah ada yang punya, silahkan anda ganti dengan nama merek lain agar nanti pendaftaran merek bisa diterima.

2. Pastikan Anda memilih penyedia jasa pendaftaran merek dagang yang patuh terhadap kode etik profesi sesuai dengan ketentuan dari Dirjen HKI.

Dalam memilih penyedia jasa pendaftaran merek dagang, sebaiknya Anda memperhatikan penyedia jasa mana yang patuh terhadap kode etik profesi penyedia jasa tersebut sesuai dengan ketentuan Dirjen HKI yang masih berlaku.

daftar merek

Adapun penjelasan mengenai kode etik profesi yang telah ditetapkan oleh Dirjen HKI di antaranya:

• Tidak dibenarkan memberikan informasi yang menyesatkan terkait profesi tersebut, seperti menjelek-jelekkan konsultan HKI atau penyedia jasa pendaftaran merek dagang lain. Di samping itu, penyalahan kode etik dapat berupa pembawaan citra buruk profesi terkait lainnya.

• Tidak dibenarkan menyatakan diri dalam hal kepemilikan atau upaya memiliki kemampuan dalam hal mempengaruhi pegawai pemerintahan terkait. Adapun upaya mempengaruhi tersebut dapat berupa kegiatan langsung maupun tidak langsung.

• Tidak dibenarkan memberikan jaminan keberhasilan dalam pendaftaran merek dagang. Meskipun demikian, penyedia jasa pendaftaran merek dagang tetap wajib mengoptimalkan upaya pendaftaran merek dagang tersebut kepada pihak yang berwenang menangani proses pendaftaran merek dagang yakni Dirjen HKI.

3. Pastikan Anda dapat melihat jam terbang penyedia jasa pendaftaran merek dagang tersebut.

Panduan atau tips terakhir yang dapat Anda ikuti dalam pendaftaran merek dagang menggunakan jasa pendaftaran terkait ialah dengan memastikan bahwa Anda dapat melihat jam terbang penyedia jasa dalam melayani klien.

Anda dapat melihat jam terbang penyedia jasa tersebut dari berbagai portofolio para klien yang telah menggunakan jasa tersebut sebelumnya.

Persyaratan Pendaftaran Merek Dagang yang Harus Anda penuhi
Baik melakukan sendiri maupun dengan memanfaatkan jasa pendaftaran merek dagang, tentunya Anda harus memenuhi persyaratan pendaftaran merek dagang terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk menyukseskan proses pendaftaran merek dagang Anda.

pendaftaran merek dagang Patendo

Adapun persyaratan dalam pendaftaran merek dagang yang harus Anda penuhi ialah:

1. Label / logo merek

Label merek merupakan bagian atau dokumen penting yang harus Anda lengkapi sebagai persyaratan pendaftaran merek dagang. Label merek dagang biasanya dapat berupa gambar maupun kata-kata yang berfungsi sebagai sumber informasi produk dan penjual atau penyelenggara usaha tersebut.

Pada umumnya label merek berisi informasi seputar nama, bahan baku, komposisi tambahan maupun keterangan lainnya terkait dengan usaha tersebut. Label merek digunakan sebagai identitas usaha Anda dan dapat digunakan juga sebagai penentu kelas usaha.

2. Bukti biaya pembayaran

Dalam melakukan serangkaian proses atau prosedur pendaftaran merek dagang, Anda harus menyertakan bukti pembayaran terlebih dahulu agar prosedur pendaftaran merek tersebut dapat berjalan dengan lancar.

3. Surat pernyataan

Surat pernyataan yang dipergunakan dalam prosesi pendaftaran merek dagang atau sebagai pelengkap persyaratan pendaftaran merek ialah surat pernyataan yang berisi kepemilikan merek yang dimohonkan pendaftarannya. Surat pernyataan tersebut harus asli dengan dibubuhi materai.

4. Surat kuasa

Pelengkap persyaratan pendaftaran merek dagang yang harus Anda lengkapi berikutnya ialah surat kuasa.

Surat kuasa yang dimaksud ialah surat kuasa atas pelimpahan wewenang atau penyerahan kausa untuk melakukan pengurusan terkait pendaftaran merek dagang kepada penyedia layanan atau jasa pendaftaran merek dagang.

5. KTP

KTP yang dimaksud guna melengkapi persyaratan pendaftaran merek dagang ialah KTP Anda selaku pemilik usaha atau KTP Direktur jika usaha tersebut merupakan usaha besar atau yang didirikan oleh sekelompok orang.

Jika usaha tersebut merupakan usaha yang didirikan oleh sekelompok orang maka Anda juga harus menyertakan NPWP.

pendaftaran merek gratis

Cara Membangun Merek Dagang agar Cepat Dikenal

Dalam hal pendaftaran merek dagang ke pihak yang berwenang menangani pendaftaran merek dagang termasuk di dalamnya menggunakan jasa pendaftaran merek, penting bagi Anda untuk memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara untuk membangun merek dagang tersebut agar cepat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Jadi, Anda tidak hanya semata-mata mematenkan merek dagang Anda saja akan tetapi juga membuatnya agar cepat dikenal.
Lantas, bagaimana cara membangun merek dagang agar cepat dikenal oleh masyarakat secara luas?

1. Anda harus mengetahui target pemasaran atau marketing

Langkah pertama yang harus Anda lakukan demi membangun merek dagang Anda agar cepat dikenal oleh masyarakat luas ialah dengan cara mengetahui target pemasaran terlebih dahulu.

Untuk mengetahui target pemasaran atau marketing, Anda dapat melakukan survey langsung ke lapangan dengan membagikan atau menyebarkan sampel produk usaha Anda.

Dengan membagikan sampel usaha Anda, maka Anda akan dapat mengetahui siapa sajakah yang akan menyukai produk usaha Anda baik dari jenis kelamin, usia hingga status ekonomi.

Sebagai contoh, ketika Anda melakoni dagang kuliner cokelat kekinian, Anda dapat membagikan sampel tersebut ke sekolah-sekolah maupun jalanan yang biasa dilalui banyak orang.

Dengan mengetahui target marketing atau pemasaran produk usaha Anda, maka Anda dapat menentukan kira-kira apa nama merek dagang yang cocok untuk Anda.

2. Anda dapat mendesain logo atau label merek dagang yang menarik
Pada dasarnya logo atau label dari suatu merek dagang berfungsi untuk mewakili produk yang dijual maupun usaha yang Anda jalani.

Bukan hanya sekadar itu saja, logo atau label dari suatu merek dagang juga dapat membuat orang-orang mengenali produk usaha Anda. Selain itu, orang lain pun akan mengetahui merek apa yang sedang Anda pakai.

Dalam membuat desain logo atau label merek dagang agar menarik, tidak serta merta harus ramai. Bahkan beberapa merek atau brand terkenal lainnya pun memiliki logo atau label merek yang dapat dikatakan sangat sederhana. Sebagai contoh merek dagang Gucci yang hanya menggunakan logo GC saja.

Di samping itu, selain membuat logo atau label yang menarik, Anda sebaiknya membuat logo sesuai dengan usaha yang Anda jalani. Jangan melenceng terlalu jauh dari usaha yang Anda jalani dalam membuat logo atau label merek dagang.

3. Anda dapat menciptakan keunikan usaha

Cara membangun merek dagang agar cepat dikenal oleh masyarakat luas berikutnya ialah dengan cara menampilkan keunikan terhadap produk usaha yang Anda pasarkan. Anda harus mempunyai ciri khas atau sesuatu yang dapat Anda tonjolkan dari produk dagang Anda.

Sebagai contoh jika Anda menjalani usaha kuliner mi atau bakmi, maka Anda dapat menambahkan level pedas yang berbeda dari usaha mi atau bakmi lainnya. Dengan demikian, orang-orang akan lebih mudah mengingat bahkan mengenali serta membedakan produk usaha Anda dengan produk lainnya.

4. Anda dapat melakukan promosi melalui sosial media

Sekarang ini penggunaan sosial media menjadi salah satu wadah guna pemasaran bahkan branding produk sekalipun. Dengan demikian, dalam upaya membangun merek dagang Anda agar cepat dikenali oleh banyak orang ialah melalui penggunaan akun sosial media.

Milikilah setidaknya satu akun sosial media yang akan membantu Anda untuk mengembangkan usaha Anda. Anda juga dapat melakukan strategi pemasaran melalui akun sosial media tersebut dengan bantuan pelanggan setia Anda.

Misalnya, ketika ada yang berbelanja produk dagang Anda melalui sosial media, maka Anda dapat meminta pelanggan tersebut untuk mempromosikan usaha Anda dengan mempostingnya di akun media sosialnya ditambah lagi dengan melakukan tag kepada teman-temannya.

Dengan demikian, orang lain yang belum mengenal produk usaha Anda pun akan mengetahui merek usaha Anda tersebut. Peluang untuk mendapatkan pelanggan baru akan menjadi lebih besar dan akan mempengaruhi omset penjualan produk usaha Anda.

Sebagai contoh akun sosial media yang banyak digunakan untuk promosi produk atau usaha ialah Instagram. Anda dapat membuat unggahan atau postingan semenarik mungkin dengan akun sosial media tersebut.

Anda dapat melakukan postingan baik dalam bentuk foto ataupun video yang mengulas produk dagang Anda. Bahkan saat ini, Instagram memiliki fitur yang memang dikhususkan untuk melakukan promosi usaha.

Pentingnya Mematenkan Merek Dagang Anda

Pada hakikatnya hak merek dagang merupakan identitas suatu usaha yang di dalamnya mencakup logo atau label merek dagang yang menarik perhatian khalayak ramai. Menurut sejarah, hak merek tersebut sudah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda.

Mematenkan merek dagang merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan.

pendaftaran merek dagang

Berikut adalah beberapa alasan yang dapat mendukung Anda untuk mematenkan merek dagang Anda:

1. Merek dagang sebagai pembeda

Pada dasarnya merek dagang adalah suatu ciri khas maupun pembeda antar merek dagang. Dengan adanya merek dagang, maka orang-orang akan mampu membedakan merek dagang Anda dengan merek dagang lainnya.

2. Mematenkan merek dagang akan melindungi usaha Anda

Apabila Anda mematenkan merek dagang yang Anda miliki, maka Anda akan dapat melindungi usaha Anda dari kompetitor yang bersaing secara tidak sehat. Apa yang dimaksud dengan persaingan dagang yang tidak sehat?

Persaingan dagang yang tidak sehat adalah competitor bisa saja meniru merek dagang Anda. Mereka akan memanfaatkan merek dagang tiruan untuk mendatangkan omset penjualan yang banyak.

Tentu saja Anda tidak mau menjalani persaingan yang tidak sehat tersebut, bukan? Terlebih lagi ide merek dagang tersebut sudah Anda buat sejak lama.

Maka dari itu, sebaiknya Anda segera mematenkan merek dagang Anda agar keberlangsungan dagang dapat berjalan dengan baik dan lancar.

3. Mematenkan merek dagang merupakan perlindungan aset tak berwujud

Jika Anda melakukan pematenan merek dagang maka itu berarti Anda telah melakukan perlindungan aset tak berwujud dari usaha Anda. Hal ini dikarenakan merek dagang merupakan hal pokok dari suatu usaha. Terlebih lagi bagi merek dagang yang telah beredar luas di masyarakat.

Merek dagang dapat membuat orang mudah mengeluarkan kocek lebih demi mendapatkan produk usaha tersebut. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa merek dagang merupakan aset tak berwujud yang dimiliki oleh pedagang seperti Anda.

Saat ini, jangka waktu terhadap perlindungan merek dagang berkisar dalam waktu 10 tahun dan dapat diperpanjang. Kemudian, jika Anda merasa kesulitan menemukan waktu untuk melakukan permohonan pendaftaran merek dagang maka Anda dapat menggunakan penyedia jasa pendaftaran merek dagang.

Penyedia jasa tersebut akan senantiasa membantu Anda secara loyal dan professional demi kelangsungan usaha Anda. Bahkan, Anda dapat meminta jasa mereka untuk melakukan perpanjangan perlindungan merek dagang Anda. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk kepentingan lainnya.

Beberapa ulasan menarik terkait penyedia jasa pendaftaran merek dagang maupun manfaatnya tersebut dapat bermanfaat bagi Anda khususnya yang sedang ingin melakukan pendaftaran merek dagang.

Jangan sampai Anda sembarangan dalam memilih penyedia jasa pendaftaran logo atau merek dagang Anda demi kelangsungan usaha Anda menjadi lebih baik lagi. Cara pendaftaran merek dagang bersama Patendo sangat mudah silahkan hubungi kami.

Bagikan :
There are currently no comments.