Cara Mendaftarkan Merek Dagang, Mudah dan Biaya Murah
Cara mendaftarkan merek dagang menjadi mudah bersama Konsultan HKI Terdaftar. Merek anda bisa saja dicuri orang setiap saat jika tidak didaftarkan segera.
Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja dari kegiatan bisnis adalah merek, sebab merek memberikan nilai khusus tersendiri kepada produk yang hendak Anda jual.
Oleh karena itu, penting bagi setiap pebisnis yang ada di Indonesia untuk mengetahui tentang cara mendaftarkan merek dagang yang tepat.
Proses pendaftaran merek bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan mereka mampu memenuhi segala persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak pemerintah.
Dengan mendapatkan perlindungan di bawah payung hukum yang legal, tentunya hal itu akan membantu Anda untuk menjalankan kegiatan bisnis dengan lebih aman lagi tanpa harus mengkhawatirkan kasus yang menjengkelkan seperti plagiarisme oleh pihak lain.
Cara Mendaftarkan Merek Dagang Bagi UMKM
Bagi penggerak UMKM, memiliki merek dagang adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele dan dilupakan begitu saja. Terlebih, proses pendaftaran merek memiliki sistem ‘siapa cepat dia dapat’, sehingga Anda harus segera melakukannya.
Oleh karena itu, mari simak cara mendaftarkan merek dagang yang bisa diikuti oleh pemilik UMKM dengan bantuan konsultan HKI:
1. Cek Merek Terlebih Dahulu
Sebelum melakukan proses pengajuan, Anda harus melakukan pengecekan merek terlebih dahulu.
Meskipun hal ini memiliki sifat tidak terlalu wajib, akan tetapi hal ini perlu dilakukan untuk menghindari masalah tertentu dan untuk menghindari penolakan oleh pemerintah ketika Anda melakukan pengajuan.
Pihak konsultan HKI umumnya akan turut serta membantu proses pengecekan, sehingga merek yang Anda daftarkan memang sudah tepat.
Sebab, terkadang ada beberapa merek yang menyalahi peraturan perundang-undangan karena pembuatannya semena-mena.
Hal itu bisa diatasi dengan melakukan konsultasi bersama pihak konsultan HKI yang memang sangat profesional dalam bidang yang mereka jalani.
2. Mengajukan Melalui Konsultan HKI
Apabila Anda ingin mengajukan melalui konsultan HKI, maka Anda harus melampirkan surat kuasa dan beberapa dokumen terkait seperti identitas pemohon, etiket, bukti yang menunjukkan tanggal permohonan merek, dan juga surat rekomendasi dan surat keterangan dari UKM Binaan.
Seluruh dokumen tersebut berguna untuk membantu pihak pemerintah agar semakin mempercayai Anda.
Dengan meyakinkan mereka bahwa merek dagang Anda adalah hal yang patut untuk diperhitungkan, maka kemungkinan besar proses verifikasi yang akan dilakukan menjadi lebih cepat daripada yang biasanya.
3. Tunggu Proses Pemeriksaan
Terakhir, Anda akan mendapatkan tanggal penerimaan jika sudah memenuhi segala persyaratan. Umumnya, pengumuman pengajuan merek akan dilakukan selama kurang lebih 2 bulan.
Akan tetapi, hal ini terkadang berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor yang turut dipertimbangkan. Jika Anda tidak kunjung mendapatkan informasi lanjut setelah waktu yang terlalu lama, maka kemungkinan besar pengajuan Anda ditolak.
Untuk mengonfirmasi lagi, Anda bisa menghubungi pihak yang bersangkutan agar Anda mengetahui mengapa pengajuan Anda tidak diterima.
Cara Mendaftarkan Merek Dagang Menggunakan Konsultan HKI
Salah satu pihak yang sangat berjasa dalam membantu para pelaku usaha dalam mendaftarkan merek dengan mudah adalah konsultan HKI.
Jika Anda ingin memanfaatkan jasa dari konsultan ini, maka cara mendaftarkan merek dagang pun menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk menggunakan konsultan HKI, Anda dapat mengikut trik berikut:
• Gunakan Konsultan HKI yang Kredibel
Cara pertama mendaftarkan merek melalui konsultan HKI yaitu Anda harus memastikan bahwa pihak yang Anda percayai memang sangat kredibel.
Untuk mencari latar belakang yang mereka miliki, maka Anda dapat mencoba melakukan analisis terlebih dahulu dengan membaca komentar yang dilayangkan oleh klien mereka sebelumnya.
Tidak hanya itu, Anda bisa meminta bantuan dari pelaku bisnis lain tentang siapa saja konsultan HKI yang memang patut untuk dipercaya.
• Menghubungi Konsultan HKI
Langkah yang selanjutnya yaitu Anda bisa segera mengunjungi kantor konsultan HKI yang ingin Anda gunakan.
Usahakan untuk membawa segala persyaratan dan dokumen yang diperlukan seperti surat kuasa dan lain sebagainya sehingga pihak konsultan nantinya bisa segera mengajukan dengan sempurna.
Anda bisa menghubungi mereka melalui nomor telepon saja. Dengan menghubungi mereka, Anda bisa segera melakukan konsultasi secara daring dan hal ini tidak kalah efektif dengan mengunjungi kantor mereka.
• Biarkan Konsultan Mengajukan Merek
Terakhir, Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak konsultan mengenai apakah pengajuan merek Anda sudah berhasil atau belum.
Dengan memanfaatkan jasa konsultan HKI, maka Anda tidak perlu merasa khawatir lagi karena mereka adalah tim yang terdiri atas konsultan profesional sehingga sangat memahami hukum dan prosedur yang berlaku.
Bahkan, ketika pengajuan merek Anda sudah melewati jangka waktu yang ditentukan, maka Anda juga bisa meminta bantuan dari pihak konsultan HKI untuk melakukan proses perpanjangan.
Tidak salah lagi, konsultan HKI adalah pihak yang sempurna untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan merek dan hak paten.
Cara Mendaftarkan Merek Dagang agar Mendapat Persetujuan
Ketika mendaftarkan merek, maka hal tersebut bisa menjadi tameng baja bagi bisnis Anda. Akan tetapi, apa yang harus dilakukan ketika ternyata pendaftaran merek Anda tidak diterima oleh pemerintah?
Tidak perlu bingung dan takut, inilah beberapa cara mendaftarkan merek dagang yang tepat agar pengajuan Anda tidak ditolak:
1. Merek Harus Orisinal
Hal paling utama sebelum Anda mengajukan merek yaitu pastikan bahwa merek yang Anda buat memang orisinal dan sebelumnya tidak ada pihak lain yang memiliki merek sama.
Saat ini, memang sudah ada banyak sekali nama merek yang beredar di berbagai bidang sehingga kemungkinan besar akan ada sedikit kemiripan dengan beberapa merek tertentu.
Akan tetapi, jika Anda tidak berhati-hati dan secara tidak sengaja memakai nama merek yang mirip dengan pihak lain karena kurang riset, hal itu justru bisa berakibat sangat fatal.
Sebab, bisa-bisa Anda digugat oleh pihak tersebut karena menganggap bahwa Anda melakukan plagiarisme. Oleh karena itu, gunakan daya kreativitas yang Anda miliki untuk menciptakan merek yang asli dan unik.
2. Cari Waktu yang Tepat
Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, pemerintah akan menyetujui merek yang diajukan terlebih dahulu dan tidak akan mencari tahu apakah merek tersebut plagiasi atau tidak.
Apabila Anda terlambat dalam mengajukan merek dagang, maka kemungkinan besar Anda harus memutar otak lagi jika ada pihak lain yang memiliki merek hampir mirip.
Usahakan untuk segera melakukan pengajuan apabila Anda merasa bahwa merek tersebut sudah sempurna, dan jangan menunda-nunda lagi.
Sebab, jika Anda tidak segera melakukan pendaftaran maka kemungkinan besar Anda akan disalip oleh pihak lain. Jika Anda tidak sempat mengajukan secara mandiri, tidak ada salahnya jika Anda memakai jasa konsultan HKI dan meminta bantuan mereka.
3. Tidak Memiliki Informasi yang Menyesatkan
Merek yang Anda ajukan tidak boleh mengandung informasi yang bersifat menyesatkan atau tidak benar. Jika Anda mengabaikan hal ini, maka kemungkinan besar pengajuan Anda tidak akan diverifikasi oleh pemerintah.
Manfaat Mengetahui Cara Mendaftarkan Merek Dagang
Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan ketika mengetahui cara mendaftarkan merek dagang secara mandiri atau pun melalui surat kuasa pihak lain.
Tidak hanya untuk memajukan nama perusahaan saja, namun hal ini juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kegiatan keuntungan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda ketahui ketika mendaftarkan merek dagang dengan tepat:
• Kesempatan Membuka Bisnis Franchise
Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari memahami cara untuk mendaftarkan merek yaitu hal ini akan membuka wawasan Anda untuk proses perluasan bisnis.
Jika merek Anda bisa semakin dikenal oleh masyarakat umum secara perlahan-lahan, maka secara otomatis hal itu juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kesempatan dalam membuka bisnis waralaba.
Merek yang sudah terdaftar di Kemenkumham akan mendapatkan kemudahan yang lebih mumpuni ketika hendak membuka franchise, berbeda dengan merek yang belum terdaftar.
Sebab, merek yang sudah dilindungi oleh pemerintah sudah memperoleh perlindungan hukum dan memiliki nilai yang lebih eksklusif ketika digunakan di pasaran.
Apabila Anda ingin membuka bisnis franchise yang besar namun belum memiliki sertifikat merek untuk produk yang hendak dijual, maka tentunya hal itu bisa membawa kerugian tersendiri.
Ada kemungkinan munculnya pihak kompetitor yang memakai merek sama dan sudah mendaftarkan merek tersebut sehingga Anda pun akan mengalami kesulitan dalam mendaftarkan diri.
• Menjaga Kepercayaan Konsumen
Merek yang jelas dan sah secara hukum akan memiliki kesempatan tinggi untuk menjaga kepercayaan yang dimiliki oleh konsumen.
Publik adalah pihak yang paling penting dalam membantu bisnis dan dagang Anda agar berjalan dengan stabil, dan jika memiliki kepercayaan dari mereka maka hal itu bisa membuat bisnis Anda bertahan dalam waktu yang lama.
Apabila merek Anda tiba-tiba ditiru oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Anda tidak akan mengalami kesulitan jika sudah mendaftarkan merek karena konsumen akan tetap mempercayai Anda.
Dengan begitu, maka pihak konsumen pun akan selalu setia dengan perusahaan Anda dan menggunakan produk yang sudah dijual. Cara mendaftarkan merek dagang menjadi mudah bersama Patendo.