021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Membuat Merek Dagang

Cara membuat merek sendiri tidak mudah, tapi yang lebih diperhatikan adalah melindungi merek yang sudah dibuat. Konsultan merek Patendo siap membantu anda dalam pendaftaran merek usaha anda agar merek anda tidak menjadi milik orang lain dan tidak digunakan orang lain.

Cara Membuat Merek Dagang

Cara Membuat Merek Dagang yang Efektif

Mengawali bisnis dari nol, sama halnya dengan memiliki seorang anak. Pertama yang harus dilakukan adalah memberinya nama. Dalam bisnis, istilah nama ini adalah merek. cara membuat merek pada dasarnya mudah sekali.

Namun, bagian tersulitnya adalah membuat orang terkesan dengan merek dagang kita. Hal ini karena citra merek inilah yang menjadi acuan perusahaan pada saat membangun emosional dengan pembeli.

cara membuat merek sendiri

Jika saat ini Anda sedang merencanakan untuk mengembangkan bisnis, berikut ini akan kami jelaskan cara membuat merek agar mudah dikenal.

1. Jadi Diri Sendiri

Jika Anda ingin merek Anda bertahan lama, berikan pesan yang sesuai dengan posisi perusahaan. Jangan fokus pada apa yang sedang trend saat ini, tapi fokuskanlah pada pemecahan masalah yang tengah dihadapi oleh konsumen Anda.

Bentuklah suatu merek yang berkaitan dengan produk Anda, namun dengan sisi yang mencitrakan bahwa produk Anda ini adalah produk yang bisa memecahkan masalah konsumen.

2. Jangan Terlalu Fokus Pada Fitur Produk

Setiap perusahaan wajib memiliki nilai emosional bagi pelanggan, salah satunya adalah dengan cerita yang bagus. Konsumen cenderung lebih cepat memberi respons saat diberi sebuah cerita. Jika merek Anda mampu memberikan kesan yang mendalam, tentu akan berdampak baik pada perilaku belanja konsumen Anda.

Untuk dapat membentuk komposisi yang baik, diperlukan kombinasi antara produk, dan materi iklan yang sangat kreatif. Hal inilah yang akan mengubah persepsi produk yang buruk.

3. Memberikan Nilai Tambah untuk Konsumen

Buatlah citra merek Anda sebaik mungkin pada konsumen. Fokuslah pada hal yang dapat membangun hubungan Anda dengan konsumen agar bisa membuat suatu keputusan yang tepat dan juga matang.

Dengan demikian, konsumen yang membeli produk Anda memiliki alasan kuat karena produk Anda sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini pun dapat lebih kuat dan juga tahan lama.

Namun, ada hal lain yang juga perlu Anda perhatikan, yaitu memahami perjalanan pengalaman konsumen Anda. Jadi, tidak semua konten yang Anda buat harus menghasilkan penjualan atau mengenai produk itu sendiri. Susunlah strategi yang matang, sehingga Anda bisa mengembangkan pengalaman orang yang membeli produk Anda.

4. Ambil Sudut Pandang yang Relevan

Merek tentu harus relevan dengan target konsumen yang sedang Anda bidik saat ini. Mulailah melakukan sosialisasi, karena faktanya di Amerika, ditemukan sekitar 67% konsumen di negara tersebut berharap besar dapat menghubungi merek suatu perusahaan secara sosial. Pelayanan pelanggan harus menjadi prioritas Anda dalam membangun brand yang populer.

5. Membuat Jalur Offline

Seiring dengan perkembangan e-commece yang tumbuh semakin pesat, membuat beberapa perusahaan lupa akan pentingnya penggabungan pengalaman online dengan offline bagi konsumen.

cara membuat brand sendiri

Step by step cara membuat merek

Step by step cara membuat merek:

1. Tentukan Nama Merek Produk atau Usaha

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah merek, berikut penjelasannya.

• Gambarkan produk yang akan Anda jual, usahakan konsumen yang mendengar merek Anda harus bisa menggambarkan apa produk yang dijual.

• Buatlah nama merek yang singkat, maksimal hanya 5 suku kata saja, dan minimal 2 suku kata.

• Buat nama merek yang mudah diingat.

• Usahakan untuk membuat nama merek yang belum ada, atau belum dibuat.

2. Pilih Warna Merek yang Relevan

Dalam pembuatan merek, warna adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Kita harus mengetahui bagaimana caranya masyarakat mengenal produk kita hanya melalui warna saja. Masing-masing warna, dianggap memiliki filosofinya sendiri.

Contohnya, warna biru melambangkan bahwa produk dapat dipercaya, warna merah sering digunakan minimarket karena mampu meningkatkan emosional pembeli, dan lainnya.

3. Membuat Logo yang Menarik

Setelah nama dan warna merek telah siap, selanjutnya buatlah sebuah logo. Logo merek tidak kalah penting dengan namanya. Logo harus menggambarkan produk, visi misi perusahaan dan sebagainya.

Bentuk logo, biasanya memiliki artinya masing-masing. Itulah kenapa jasa desain logo merek terbaik harganya bisa selangit. Hal ini karena, logo tersebut mampu menggambarkan dan juga menarik perhatian konsumen.

4. Buatlah Maskot

Maskot selalu menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah produk atau perusahaan. Maskot memudahkan konsumen untuk mengingat produk yang Anda jual. Pemilik wirausaha pun, perlu untuk menggambarkan wajah perusahaannya pada bentuk sebuah maskot.

5. Daftarkan Merek Anda Secara Hukum

Jika proses pembuatan merek tersebut selesai, daftarkan nama merek yang telah dibuat secara hukum. Hal ini agar merek Anda sah secara hukum dan tidak digunakan oleh orang lain. Pendaftaran ini memungkinkan perusahaan agar dapat melindungi produknya dari jiplakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Aplikasikan Nama Merek Anda

Setelah siap, merek beserta logonya bisa Anda aplikasikan ke dalam kemasan produk, papan nama perusahaan, kop surat, digital advertising dan lainnya.

7. Mulai melakukan Pemasaran Nama Merek

Setelah selesai, mulailah melakukan pemasaran nama usaha Anda. Pemasaran bisa Anda lakukan melalui iklan, pelayanan yang baik pada konsumen dan berbagai macam cara lainnya.

cara membuat brand baju sendiri

Mengenal Fungsi Merek Pada Perusahaan

Beberapa orang mungkin masih belum paham fungsi dari merek itu sendiri, jika Anda salah satunya, berikut kami jelaskan fungsi-fungsinya:

• Merek digunakan sebagai tanda pengenal yang membedakan produk satu dengan lainnya.

• Merek sebagai alat promosi perusahaan atau produk, sehingga mengenalkan hasil produksi dari perusahaan cukup dengan menyebut nama mereknya saja.

• Merek menjadi suatu jaminan akan kualitas barang yang dipasarkan.

• Merek menjadi suatu petunjuk asal barang maupun jasa suatu perusahaan.

• Merek menjadi penentu kualitas suatu barang maupun jasa.

• Merek dijadikan sebagai jaminan kepribadian maupun reputasi suatu barang atau jasa.

Itulah beberapa cara membuat merek lengkap dengan langkah-langkahnya. Melalui pemaparan di atas, kita pun bisa menentukan bagaimana langkah membuat merek yang tepat dan mudah dikenal.

cara membuat brand pakaian

Jadi, bagi Anda yang saat ini berencana untuk membuka usaha, mulailah dengan mencari nama merek yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Konsultan Patendo telah dipercaya banyak klien dari dalam dan luar negeri dalam pengurusan merek dadang, segera hubungi kami.

Bagikan :
There are currently no comments.