021 2237 9620  WA 0813 8670 6312
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.co.id

Prosedur Pendaftaran Hak Merek

Prosedur pendaftaran hak merek menjadi mudah dengan bantuan konsultan merek Patendo. Anda akan mendapatkan biaya pendaftaran hak merek yang terjangkau. Hubungi 0813 8670 6312. Perkembangan teknologi dan juga pesatnya industri perdagangan, membuat para pelaku bisnis menyadari bahwa merek memegang peranan penting dalam merebut pasar.

Sebagai penanda produk, merek memiliki suatu nilai khusus yang mampu untuk mempresentasikan produk dan membedakannya dengan produk lainnya. Oleh sebab itu prosedur pendaftaran hak merek menjadi suatu hal yang sangat penting.

Dengan mendaftarkan merek anda juga mendukung kegiatan pemasaran produk serta bisa mempertahkankan reputasi dari produk yang dipasarkan. Produk yang telah didaftarkan mereknya akan mempunyai perlindungan hukum dari para pesaing yang ingin mencoba meniru atau membuat produk yang mirip dengan produk anda baik dari bentuk maupun mereknya, dan anda bisa melakukan tuntutan hukum.

Prosedur Pendaftaran Hak Merek

Pengetahuan tentang Prosedur Pendaftaran hak merek

Sebelum mendaftarkan merek anda pada lembaga yang berwenang, anda perlu mengetahui tentang segala hal yang berkaitan dengan prosedur pendaftaran hak merek. Hal ini bertujuan agar anda paham betul tentang apa saja yang harus anda siapkan dan juga bagaimana tata cara pendaftaran yang benar agar tidak buang waktu dengan mengulang pendaftaran, diantaranya:

1. Terlebih Dahulu Mengecek Keberadaan Merek Terdaftar
2.
Sebelum anda mendaftarkan merek anda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menggecekan terlebih dahulu tentang keberadaan merek terdaftar. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu melalui laman resmi Direktirat Jendral HKI untuk mendapatkan informasi apakah merek yang anda daftarkan telah didaftarkan oleh pihak lain atau belum.

Prosedur pendaftaran hak merek dengan melakukan langkah pengecekan ini, anda bisa menghindari penolakan permohonan pendaftaran hak merek yang akan anda ajukan atau sengketa merek lainnya jika ditemukan kesamaan dengan merek yang telah terdaftar. Jika ada penolakan anda bisa terjerat masalah yang lebih rumit karena sudah ada yang mempunyai merek tersebut sebelum anda.

3. Permohonan Pendaftaran
4. Untuk permohonan pendaftaran hak merek, anda bisa melakukan dengan dua cara. Masing-masing mempunyai prosedur pendaftaran hak merek yang berbeda sesuai dengan tata cara yang dipergunakan. Anda bisa mengajukan permohonan melalui sistem elektronik maupun non elektronik. Atau Anda juga bisa meminta bantuan Konsultan untuk membantu mendaftarkan merek

• Permohonan Secara Elektronik

Permohonan secara elektronik dapat anda lakukan melalui laman resmi Direktirat Jendral HKI. Namun prosedur pendaftaran hak merek secara elektronik ini, hanya bisa dilakukan oleh Konsultan Kekayaan Intelektual yang sudah terdaftar di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan juga Sentra HKI Perguruan Tinggi

• Permohonan Secara Non-Elektronik

Untuk prosedur pendaftaran hak merek secara non-elektronik dapat anda lakukan melalui loket Direktotar Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) yang berlokasi di Jakarta melalui Kantor Wilayah terdekat di wilayah anda. Anda cukup mendatangi kantor wilayah terdekat kemudian mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

5. Prosedur Permohonan Pendaftaran hak merek
6. Dalam Prosedur pendaftaran hak merek ada beberapa tahapan yang harus anda ikuti berikut dengan persyaratan yang harus anda siapkan untuk melakukan pendaftaran. Ada baiknya sebelum anda datang ke kantor wilayah atau ke Konsultan untuk mendaftarkan merek, pelajari terlebih dahulu tata cara dan persyaratan apa saja yang harus anda siapkan agar tidak membuang waktu.

a. Mengisi formulir sebanyak dua rangkap dalam bahasa Indonesia yang diisi oleh pemohon atau kuasanya kepada Menteri Hukum dan HAM.

b. Anda harus melampirkan dokumen-dokumen, antara lain sebagai berikut :

• Bukti pembayaran biaya permohonan. Anda dapat mengecek besaran dan informasi terkait biaya pendaftaran melalui laman dgip.

• Melampirkan label merek sebanyak tiga lembar sesuai dengan ketentuan dalam formulir permohonan merek

• Surat pernyataan kepemilikan merek

• Surat kuasa apabila permohonan diajukan melalui kuasa

• Bukti prioritas, dalam hal menggunakan hak prioritas dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia

7. Pengumuman Dalam Berita Resmi Merek

a. Apabila semua kelengkapan tersebut telah anda penuhi, maka permohonan pendaftaran hak merek akan diberikan tanggal penerimaan dan Menteri hukum dan HAM akan mengumumkan permohoanan merek tersebut dalam Berita Resmi Merek selama kurang lebih 2 (dua) bulan

b. Dalam jangka waktu pengumuman, pihak ketiga dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Menteri Hukum dan HAM atas permohonan anda dan dikenia biaya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

c. Terhadap keberatan tersebut, maka pemohon atau kuasanya berhak mengajukan sanggahan secara tertulis kepada Menteri Hukum dan HAM dalam jangka waktu paling lama 2 bulan terhitung sejak tanggal pengiriman salinan keberatan yang telah disampaikan oleh Menteri sesuai dengan prosedur pendaftaran hak merek yang berlaku

8. Penerbitan Sertifikat Merek

Setelah beberapa tahapan prosedur pendaftaran hak merek yang telah anda lalui, jika pada saat pemeriksaan substantif tidak terdapat masalah, juga tidak terdapat keberatan terhadap permohonan pendaftaran hak merek yang diajukan, maka merek tersebut akan resmi terdaftar dengan bukti diterbitkannya sertifikat merek oleh Menteri Hukum dan HAM.

Prosedur Pendaftaran hak merek dagang

Pengertian Merek

Sebelum pembahasan lebih lanjut tentang prosedur pendaftaran hak merek, ada baiknya jika anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan merek. Merek atau yang biasa dikenal dengan instilah brand adalah penanda identitas dari sebuah produk baik barang atau jasa yang ada dalam perdagangan. Merek bisa jadi merupakan bentuk perlindungan HKI yang paling dekat dnegan keseharian kita

Fungsi merek tidak hanya sebagai penanda identitas tetapi juga berperan penting mewakili reputasi, tidak hanya produknya namun juga penghasil dari produk atau jasanya. Jadi jangan heran jika merek atau brand menjadi bagian yang penting dalam pemasaran suatu produk dan jasa, karena dalam keseharian kita pasti selalu penjumpai brand atau merek produk tertentu.

Pengertian Hak Merek

Dalam prosedur pendafataran merek, yang disebut dengan hak merek adalah bentuk perlindungan HKI dan memberikan hak eksklusif bagi pemilik merek terdaftar untuk menggunakan merek tersebut dalam perdagangan baik barang atau jasa, sesuai kelas dari jenis barang atau jasa merek yang terdaftar. Dengan merek yang terdaftar anda punya hak melarang siapapun menggunakan merek yang sama.

Hak merek merupakan catatan resmi bahwa logo atau merek yang anda gunakan sudah terdaftar dan tidak bisa dipergunakan kembali oleh orang lain. Hal ini bisa menghindarkan anda dari usaha plagiat atau mencuri merek dari produk yang anda jual untuk kepentingan pribadi. Apabila anda merasa dirugikan anda bisa mengajukan gugatan ke meja hukum karena anda adalah pemilik merek yang sah.

Formulir Pendaftaran Merek Jakarta

Merek Yang Diberi Perlindungan

Untuk bisa mendapatkan perlindungan trehadap merek maka anda harus mendaftarkan merek anda terlebih untuk mendapatkan sertifikat merek yang resmi. Pada prosedur pendaftaran hak merek, merek yang dapat didaftarakan adalah merek yang memiliki pembeda dan dipergunakan dalam perdagangan barang atau jasa. Tanda atau ciri pembeda pada merek tersebut bisa berupa beberapa hal dibawah ini:

• Gambar, seperti lukisan burung garuda pada logo Garuda Indonesia atau gambar kelinci pada logo Dua Kelinci

• Kata , seperti Google, Toyota, Mandiri

• Nama, contohnya Tommy Hilfiger atau Salvatore Ferragamo

• Frasa, contohnya Air Mancur, Sinar Jaya

• Kalimat, seperti dalam merek Terus Terang Philips Terang Terus atau pada Building for a Better Future

• Huruf, misalnya huruf “F” yang ada pada logo Facebook atau huruf “K” yang terdapat pada logo Circle-K
• Huruf-huruf lainnya seperti DKNY, IBM

• Angka, misalnya angka “7” yang terdapat pada logo Seven Eleven atau juga angka “3” yang bisa anda temukan pada logo provider GSM Three

• Angka-angka lainnya, seperti merek rokok 555 atau pada merek wewangian 4711

• Terdapat susunan warana, seperti pada logo Pepsi dan juga Pertamina

• Bentuk 3 (tiga) dimensi

• Suara

• Adanya hologram

• Terdapat kombinasi dari unsur-unsur tersebut

Formulir Pendaftaran Merek hki

Merek yang Tidak Dapat di Daftarkan

Tidak semua merek yang diajukan pasti bisa didaftarkan. Ada beberapa ketentuan dalam prosedur pendaftaran hak merek yang memuat tentang beberapa hal sehingga merek tidak bisa didaftarkan. Cermati aturan yang berlaku agar saat anda melakukan pendaftaran, anda sudah tahu dengan pasti bahwa merek yang anda ajukan bisa didaftarkan dan diterima, di antaranya :

1. Pendaftaran yang dilandasi dengan itikad buruk.

Misalnya ada seorang pengusaha ayam goreng yang akan mendaftarkan merek Jogja Fried Chicken pada kelas dan jenis barang hasil olahan daging ayam. Apabila ada pengusaha lainnya yang mencoba mendaftarkan merek dengan nama yang sama pada kelas dan jenis jasa restoran, dengan niatan atau rencana untuk menghalangi pengusaha pertama.

Apabila hal tersebut terjadi maka pendaftaran ke dua bisa dianggap mempunyai itikat tidak baik dan merek tidak bisa didaftarkan. Jika memang berniat membuat merek dengan kelas dan jenis yang sama harusnya menggunakan nama yang berbeda dengan merek yang sudah didaftar terlebih dahulu. Tidak boleh mendaftarkan merek yang sama dengan kelas yang sejenis.

2. Merek yang anda daftarkan bertentangan dengan perundang-undangan, moralitas agama, kesusilaan atau ketertiban umum.

Contoh yang paling mudah adalah adanya merek Buddha Bar. Pengajuan pendaftaran hak merek ini pada akhirnya dibatalkan karena dianggap bertentangan dengan agama. Dilarang menggunakan nama merek yang mengandung unsur agama, susila dan berpotensi untuk membuat pertentangan di masyarakat. Dikhawatirkan hal ini bisa memicu perpecahan dan konflik dalam masyarakat

3. Tidak Memiliki Daya Pembeda

Yang dimaksud dengan daya pembeda adalah misalnya tanda tanya “?” atau juga huruf balok tunggal “K” dalam perwujudan yang lazim pada umumnya. Namun tanda tanya yang diberi ornamen seperti pada logo Guess, atau huruf tunggal “K” yang telah ditampilkan dalam tata artistik seperti pada logo Circle-K masih tetap bisa didaftarkan

4. Merek Yang Telah Menjadi Milik Umum

Melihat prosedur pendaftaran hak merek maka ada beberapa ciri atau logo yang telah menjadi milik umum tidak dapat anda daftarkan sebagai merek. Contohnya adalah tanda tengkorak bajak laut atau palang seperti pada logo palang merah, gambar tersebut tidak boleh anda daftarkan sebagai hak merek anda karena telah menjadi milik umum.

Namun apabila anda memberikan ornamen atau tambahan pada gambar tersebut, misalnya tengkorak pada logo Skullcandy atau palang yang terdapat pada logo Swiss Army, maka logo tersebut dapat anda pergunakan dan anda daftarkan sebagai merek anda. Pada intinya semua logo atau gambar yang universal tidak bisa anda klaim sebagai merek anda

5. Merek Yang Menerangkan Barang Atau Jasa Itu Sendiri

Anda tentu mengetahui tentang merek Apple. Namun apakah Apple mendaftarkan merek tersebut untuk produk buah apel. Jika anda mendaftarkan Apple untuk merek produk buah-buahan maka merek tersebut tidak bisa anda pergunakan dan anda daftarkan. Sistem pada prosedur pendaftaran hak merek akan menolak pendaftaran dengan nama merek tersebut kecuali digunakan untuk produk lain.

6. Mempunyai Persamaan baik Keseluruhan maupun Pokok.

Manfaat Melindungi Hak Merek

Dirjen Hak Kekayaan Intelektual mempunyai hak menolak permohonan pendaftaran hak merek yang telah dimasukkan sesuai dengan prosedur pendaftaran merek, apabila dalam merek tersebut ditemukan unsur kesamaan baik keseluruhan maupun hanya pokoknya saja. Adapun ciri merek yang mempunyai kesamaan dan tidak bisa anda daftarkan pada permohoan pendaftaran hak merek adalah sebagai berikut:

a. Merek telah terdaftar milik pihak lain untuk jenis barang dan atau jasa yang sejenis. Saat A telah memiliki merek terdaftar GEULIS untuk jenis barang berupa pakaian jadi, maka pendaftaran GEULIS, GEULEES, atau DAULIES oleh pihak B untuk jenis barang pakaian jadi akan mendapatkan penolakan.

b. Merek yang terkenal milik dari pihak lain. Kriteria baku merek yang terkenal sebenarnya belum ada aturan secara resmi dalam Peraturan Pemerintah. Biasanya yang menjadi penentu apakah suatu merek dapat dianggap terkenal atau tidak dapat dilihat dari adanya pendaftaran pada sejumlah negara.

c. Indikasi geografis yang sudah dikenal. Contohnya Kintamani, nama ini sudah tidak bisa didaftarkan sebagai merek produk kopi, karena sudah secara indikasi geografis Kopi Kintamani. Contoh lainnya adalah Parmigiana Reggiano yang ditujukan untuk keju dan olahan susu, atau juga Champagne yang dikenal untuk minuman beralkohol.

7. Menyerupai atau merupakan nama orang terkenal, foto atau juga nama badan hukum yang telah dimiliki oleh orang lain kecuali telah adanya persetujuan dari pemilik sah
8. Merek tersebut merupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama, lambang, bendera, simbol, emblem negara, lembaga nasional, atau lembaga internasional. Tanda tersebut bisa didaftarakan sebagai merek jika telah mendapatkan persetujuan secara tertulis dari lembaga atau dinas yang berwenang.

Prosedur Pendaftaran Merek Patendo

Waktu Yang Tepat Untuk Mendaftarkan Merek

Perlindungan terhadap merek berbeda dengan hak paten atau hak cipta. Perlindungan merek tidak mempersyaratkan baik “kebaruan (novelty)” atau “keaslian (originality)”. Dengan demikian jika suatu merek yang sudah dipergunakan secara luas selama bertahun-tahun tepat masih bisa anda daftarkan sepanjang memang tidak memiliki persamaan dengan merek terdaftar lainnya.

Namun hal ini tidak berarti pendaftaran hak merek tidak time-sensitive. Merek juga menganut prinsip first to file, sehingga jika ada kelalaian mendaftarkan merek barang dan jasa yang anda perdagangkan dapat berakibat tersalip atau sudah ada yang mendahului mendaftarkan merek yang sama atau mirip untuk barang atau jasa yang sejenis.

Syarat Pendaftaran Merek dagang hki

Dimanakah Perlidungan Hak Merek Berlaku?

Merek menganut prinsip teritorial, artinya perlindungan merek hanya berlaku di wilayah negara di mana permohonan paten didaftarkan dan diajukan. Untuk dapat memperoleh perlindungan merek di wilayah Indonesia maka anda harus mengikuti prosedur pendaftaran hak merek di wilayah Indonesia, dalam hal ini ditujukan kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI).

Jika anda menginginkan perlindungan hak merek di luar negeri, maka anda harus mendaftarkan merek tersebut sendiri di masing-masing negara yang dikehendaki dengan menunjuk Konsultan HKI yang telah terdaftar pada wilayah kerjanya meliputi negara tersebut sebagai kuasa anda. Namun belum semua negara menerapkan sistem pendaftaran hak merek yang terpusat pada wilayahnya.

Waktu Dan Biaya Pendaftaran hak merek

Dalam prosedur pendaftaran hak merek selain anda harus melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan, anda juga harus melakukan pembayaran atas permohonan yang anda ajukan. Secara garis besara proses permohonan sejak tanggal penerimaan hingga tanggal pendafatran akan memakan waktu sekitar 7 hingga 9 bulan. Hal ini telah diatur dalam UU no. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis

Komponen biaya yang harus anda bayarkan atas permohonan merek adalah sebesar Rp. 3.000.000 untuk setiap satu merek di satu kelas, tanpa ada batasan untuk jumlah jenis barang ataupun jasa yang telah dicantumkan, sepanjang masih berada dalam kelas yang sama. Tentunya komponen biaya ini belum termasuk biaya konsultan jika anda mengajukan melalui Konsultan HKI terdaftar.

pendaftaran merek dagang Patendo

Perpanjangan Merek

Masa berlaku sebuah merek adalah selama 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan dapat diperpanjang setiap 10 tahun secara terus menerus. Pemegang hak merek sudah dapat mengajukan permohonan perpanjangan merek minimal enam bulan sebelum berakhirnya masa berlaku hak merek sampai dengan 6 bulan sesudah masa berlaku berakhir. Adapun persyaratannya prosedur pendaftaran hak merek adalah:

• Mengisi formulir permohonan prosedur pendaftaran hak merek untuk perpanjangan merek yang harus anda buat rangkap empat kemudian diisi lengkap dan ditanda tangani oleh pemohon atau yang menjadi kuasanya.

• Membayar biaya perpanjangan sebesar Rp.6.000.000 jika permohanan anda ajukan sebelum masa berlaku hak merek berakhir atau Rp. 7.000.000 jika anda mengajukan perpanjangan setelah masa berlaku hak merek anda berakhir.

• Foto copy sertifikat merek yang akan anda perpanjang
• Surat pernyataan hak yang merupakan pernyataan pemohon bahwa anda memang memiliki hak untuk mengajukan perpanjangan merek dan tetap akan menggunakan merek yang diperpanjang dalam perdagangan barang atau jasa.

• Surat kuasa jika anda mengajukan permohonan melalui kuasa

• Fotokopi identitas atau KTP pemohon jika anda adalah pemohon perorangan

• Fotokopi Akta Pendirian Badan Hukum yang telah dilegalisir jika pemohoan adalah badan hukum

• Fotokopi NPWP Badan Hukum jika pemohoan adalah Badan Hukum

• Fotokopi identitas atau KTP orang yang bertindak atas nama pemohoan Badan Hukum untuk bisa menandatangani Surat Pernyataan dan surat Kuasa.

pendaftaran merek hki

Manfaat Hak Merek

Merek merupakan lambang orisinalitas suatu produk yang akan anda jual. Dengan adanya hak merek maka proses pemasaran dari produsen ke konsumen akan menjadi lancar. Bisa dibilang bahwa merek adalah nyawa bagi bisnis anda. Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti prosedur pendaftaran hak merek antara lain sebagai berikut:

1. Mengurangi Risiko Plagiat

Dalam kondisi saat ini teknologi dan informasi begitu mudahnya bisa anda dapatkan, tentu akan berimbas pada bisnis anda. Plagiarisme akan menjadi ancaman bagi anda, sebab bisa saja produk anda ditiru oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab dan di klaim sebagai produk orisinil. Prosedur pendaftaran hak merek membantu anda untuk mengurangi plagiat.

Jika anda telah mendaftarkan merek maka setiap tindakan plagiat baik sebagian ataupun hanya pokok produk saja dengan menggunakan merek yang sama maka anda bisa melakukan tindakan hukum pada pihak tersebut. Undang-undang melindungi anda dari pihak lain yang berusaha memasarkan produk dengan merek tiruan dan tidak mendapat persetujuan dari anda. Patendo siap membantu melindungi merek usaha anda.

2. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Keuntungan terbesar bagi anda jika mendaftarkan merek maka akan mendapatkan perlindungan hukum yang pasti atas hak anda sebagai pemilik merek dagang. Ketika produk anda digunakan oleh kompetitor maka anda dapat mengambil langkah hukum dengan membawa hal tersebut ke meja hijau agar bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya.

Dengan perlindungan hukum maka anda akan aman dan tenang dalam menjalankan bisnis anda tanpa perlu takut atau khawatir jika ada orang yang menggunakan merek anda atau membuat merek yang sama atau mirip dengan yang anda miliki. Semua tindakan plagiat dan tiruan dapat anda bawa ke pengadilan dan takan dilindungi undang-undang.

3. Meningkatkan Aset Perusahaan

Sebuah merek adalah aset terbesar bagi anda selaku pelaku bisnis, baik perorangan maupun badan hukum. Branding atau merek ini bahkan bisa menyelamatkan perusahaan ketika terjadi kebangkrutan atau diterpa krisis, sebab dengan merek yang baik dapat mendatangkan investor untuk menanamkan modal sehingga krisis anda dapat teratasi dengan baik.

Apalagi jika didukung dengan legal merek resmi yang anda miliki tentunya inverstor juga merasa mantap dan tenang menanamkan modal ke perusahaan anda. Memang prosedur pendaftaran hak merek dagang jika belum anda lakukan terlihat rumit, namun hasil yang akan anda dapatkan lebih dari lelah yang anda rasakan saat mendaftarkan merek.

4. Menjaga Citra dan Kepercayaan Konsumen

Sebuah produk jika tidak diimbangi dengan adanya merek dagang yang resmi dan jelas maka akan menyulitkan bagi anda dalam melakukan pemasaran produk tersebut. Terlepas apakah produk itu berupa barang ataupun jasa. Dalam perjalanannya produk anda akan dengan sangat mudah untuk dijiplak pesaing dan memanfaatkan kesuksesan produk yang telah anda jual.

Penurunan citra dan hilangnya kepercayaan dari konsumen bisa disebabkan dengan adanya produk tiruan yang dibuat mirip dengan produk anda namun menggunakan bahan atau dengan kualitas yang yang berbeda. Biasanya kualiatasnya akan lebih rendah atau lebih jelek dari produk aslinya. Hal ini bisa mengakibatkan konsumen menjadi kapok dan akan berhenti menggunakan produk aslinya.

5. Membuka Peluang Usaha

Ketika anda telah mempunyai hak merek yang resmi, anda bisa mengembangkan bisnis anda dengan sistem waralaba, sistem ini bisa anda lakukan dengan menjual merek anda kepada pelaku bisnis lainnya namun dengan sistem yang telah anda tentukan. Dengan meroketnya bisnis waralaba beberapa waktu terakhir ini tentu menjadi peluang bisnis sehingga menaikkan ekonomi.

Dengan melihat uraian diatas tentang prosedur pendaftaran hak merek yang mungkin terlihat panjang, namun tentunya memilik manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memiliki hak merek secara resmi sehingga semua prosedur pendaftaran hak merek menjadi ringan dan harus anda lakukan demi keamanan dan kenyamanan saat menjalankan roda bisnis anda.

Bagikan :
There are currently no comments.