021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Manfaat Hak Merek bagi Perusahaan

Proses Pendaftaran Merek Murah

Merek menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah usaha. Maka sebagai pelaku usaha, anda perlu mendaftarkan merek yang digunakan untuk produk yang anda jual. Hal ini bertujuan, agar perusahaan anda mendapatkan hak merek tersebut. Mengingat ada banyak manfaat yang diperoleh bagi perusahaan jika mereknya sudah terdaftar, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Peranan Penting Hak merek Bagi Perusahaan

  1. Adanya Perlindungan Hukum

Keuntungan pertama ketika anda mendaftarkan merek untuk bisnis anda yaitu mendapatkan perlindungan hukum. Dengan memiliki hak merek, maka perusahaan anda akan diakui secara resmi di mata hukum. Sehingga anda bisa melakukan gugatan apabila nantinya ada pihak pihak lain yang memiliki itikad buruk terhadap usaha anda. Hal ini sesuai dengan undang undang merek nomor 15 tahun 2001 pasal 3.

  1. Aset Penting

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai aset penting bagi suatu perusahaan. Adanya merek ini dapat menunjang perusahaan untuk mendapatkan investor yang akan menanamkan modalnya. Sebagaimana bisa kita lihat jika perusahaan dengan brand tertentu sangat mudah mendapatkan kucuran dana untuk mengembangkan bisnisnya di karena telah memiliki hak merek.

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Hak merek juga memiliki manfaat dari segi kredibilitas perusahaan. Produk dengan merek tertentu akan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Apalagi untuk merek yang sudah cukup populer. Tentu ini menjadi keuntungan yang besar, mengingat sumber pemasukan utama perusahaan berasal dari penjualan produk kepada konsumen. Maka bisa dikatakan jika manfaat hak merek yaitu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

  1. Mencegah Pembajakan Produk

Merek yang tidak didaftarkan akan sangat rawan terhadap pembajakan, karena tidak adanya perlindungan terhadap merek tersebut. Tentu ini bisa memicu pembajakan produk oleh pihak lain dan memperbanyak kompetitor usaha anda. Dengan mendaftarkan merek, anda akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai bukti apabila seseorang melakukan plagiarisme.

Mengingat banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya hak merek, maka anda perlu mempertimbangkan untuk mengajukan merek. Namun, sebelum melakukan pengajuan merek, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu ketentuan yang harus diperhatikan mengenai merek yang akan didaftarkan. Sehingga nantinya merek tersebut tidak sampai ditolak.

 

Bagikan :
There are currently no comments.